%A NIM.: 20107020070 Muhammad Arsyad Abdurahman Sidiq %O Achmad Uzair, S.IP., M.A, Ph.D. %T PEMBANGUNAN JALAN KI IJO BIN BEIH DALAM KAJIAN TEORI PRODUKSI RUANG HENRI LEFEBVRE %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembangunan Jalan Ki Ijo Bin Beih terhadap perubahan fisik spasial dan akses pengelolaan lahan, dengan menggunakan teori produksi ruang Henri Lefebvre sebagai kerangka analisis. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap 10 informan yang terdiri dari pemilik lahan, warga lama, dan warga baru yang berinvestasi di kawasan tersebut. Data juga didukung oleh observasi lapangan dan arsip digital terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Jalan Ki Ijo Bin Beih mendorong perubahan signifikan pada struktur ruang di sekitarnya. Bagi pemerintah, Pembangunan jalan Ki Ijo Bin Beih dimaksudkan sebagai representasi ruang kota yang bebas macet, menciptakan citra Kota Bekasi yang modern, meningkatkan mobilitas, aksesibilitas, dan mendukung kebutuhan warganya, sehingga dapat menunjang aktivitas sosial dan ekonomi. Secara fisik, terjadi perubahan fungsi lahan dari area pemukiman menjadi zona bisnis dan komersial. Perubahan ini menciptakan dinamika antara warga lama yang mempertahankan fungsi tradisional ruang dengan warga baru yang mengutamakan pemanfaatan ruang untuk aktivitas ekonomi. Berdasarkan teori produksi ruang Henri Lefebvre, proses tersebut mencerminkan interaksi dan kontradiksi antara representasi ruang, praktik ruang, dan ruang representasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembangunan Jalan Ki Ijo Bin Beih tidak hanya mengubah tata ruang fisik kawasan tetapi juga mempengaruhi relasi sosial dan ekonomi. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan perencanaan partisipatif untuk memitigasi dampak sosial dari perubahan ruang akibat pembangunan infrastruktur. %K Pembangunan Jalan, Jalan Ki Ijo Bin Beih, Produksi Ruang, Henri Lefebvre, Pengelolaan Lahan %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib69514