<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM )"^^ . "Kehidupan di era modern ini telah menghancurkan tatanan kejiwaan manusia,\r\nkarena hidup manusia modern telah banyak dilanda oleh kecemasan-kecemasan dan\r\nketegangan-ketegangan jiwa. Akibat logis dari realitas pola hidup tersebut, tidak sedikit\r\nmanusia mengalami split personality, yang berdampak semakin sulitnya manusia\r\nmemperoleh ketenangan dan kebahagiaan hidup. Pemenuhan kebutuhan manusia yang\r\nbersifat materialistik belum tentu dapat menjamin seseorang untuk memperoleh\r\nketenangan dan kebahagiaan. Oleh karenanya, terapi kejiwaan lebih penting\r\ndibandingkan pemenuhan materi dalam mengantisipasi problem manusia, sebab kesucian\r\njiwa akan dapat menyebabkan kejernihan diri lahir dan batin, yang merupakan bagian\r\ndari problem psikologis, yang mana obyek kajiannya adalah jiwa. Sebagai penggerak\r\ntingkah laku, jiwa memiliki peranan penting dalam kegiatan manusia, yaitu; mewarnai\r\ncorak tingkah laku manusia dan menentukan makna atau nilai dari perbuatan yang\r\ndilakukan orang dalam hidupnya. Oleh karena itu, mengenal jiwa dengan beberapa\r\nsubstansinya secara mendalam merupakan modal untuk mendapatkan ketenangan dan\r\nkebahagiaan hidup. Hal itu, merupakan tujuan dari kesehatan jiwa.\r\nDiskursus tentang kesehatan jiwa, merupakan bagian dari psikologi. Sehingga\r\nkonstruk teorinya secara otomatis menjadi dasar bagi konstruk teori kesehatan jiwa.\r\nTesis yang ditulis dengan judul Konsep Jiwa dalam Al-Qur’an; Solusi Qur’ani untuk\r\nPenciptaan Kesehatan Jiwa dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam, merupakan\r\ntambahan pada khasanah psikologi sekaligus pendidikan Islam, tesis ini berupaya\r\nmembangun sebuah konsep kesehatan jiwa berdasarkan pemahaman terhadap ayat-ayat\r\nal-Qur’an yang membicarakan jiwa manusia. Konsep al-Qur’an tentang kejiwaan\r\nmanusia, dibangun berdasarkan metode tafsir tematik terhadap istilah kunci al-Qur’an\r\ndalam menjelaskan kejiwaan manusia. Konsep tersebut, selanjutnya dianalisis dengan\r\nmetode analisis pemaknaan untuk menemukan elemen-elemen psikis atau kejiwaan.\r\nMode of thought (kerangka pikir) yang mendasari konstruk teori kesehatan jiwa\r\nadalah visi filososif Islam tentang manusia, yaitu: 1) manusia memiliki bentuk fisikbiologis\r\nyang sempurna, 2) manusia memiliki fitrah religius, 3) manusia sebagai khalifah\r\nAllah dan Abdullah, dan 4) manusia sebagai makhluk multidimensional yang secara\r\npsikologis memiliki al-Qalb, al-Aql, al-Nafs dan al-Ruh. Atas dasar itu, maka dalam\r\nprespektif kesehatan jiwa, jiwa sehat diformulasikan dengan; 1) terwujudnya\r\nkeseimbangan (equilibrium) antara kebutuhan fisik-biologis dengan mental-religious, 2)\r\nterhindarnya individu dari symptom hati dan nafs, serta 3) terciptanya ketenangan jiwa\r\ndan kebahagiaan hidup. Ketiga kriteria ideal tersebut akan dapat terwujud manakala alaql\r\ndan al-qalb dapat diarahkan pada dimensi ruhaniyyah (mencapai sifat-sifat ilahiyyah\r\n/ nafs al-mut}mainnah) dengan al-akhlaq al-mah}mu>dah (moralitas terpuji) sebagai\r\nindikatornya, serta menghindarkan diri dari belenggu al-nafs yang secara naluriah\r\nmemiliki tendensi pada dorongan agresif dan destruktif, dengan al-akhlaq al-maz\\mu>mah\r\n(moralitas tercela) sebagai indikatornya. Secara operasional kesehatan jiwa dalam al-\r\nQur’an tersebut, sebagai realisasi dari kesanggupan mengoptimalkan potensi dan urgensi\r\nqalb dan ‘aql dalam mengendalikan diri (nafs) kejiwaan manusia. Implikasinya dalam\r\npendidikan Islam baik input maupun output dapat terjamin kualitas dan kuantitasnya."^^ . "2011-05-26" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09.226.017"^^ . "H. M. Aji Nugroho, Lc."^^ . "NIM. 09.226.017 H. M. Aji Nugroho, Lc."^^ . . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6952 \n\nKONSEP JIWA DALAM AL-QUR’AN ( SOLUSI QUR’ANI UNTUK PENCIPTAAN KESEHATAN JIWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM )\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .