<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi, mengevaluasi, mensistematisasi\r\ndan mengkonstruksi secara kritis materi konflik dan materi progress yang ada dalam\r\nSejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Semester Gasal kompetensi dasar ”perkembangan\r\nIslam masa dinasti Abbasiyah. Hal ini terkait beberapa keluhan SKI hanya berisi\r\nkumpulan fakta-fakta. Selain itu, PAI khususnya SKI dianggap gagal membentuk\r\nkesadaran sejarah dan keberagamaan para siswa. Fakta materinya SKI selalu menarasikan\r\nkonflik di antara umat Islam. Kalaupun toh muncul kemajuan, kemudian dianggap\r\nsesuatu sakral. Munculnya radikalisme diduga karena SKI. Karena itu penelitian ini\r\ndalam rangka klarifikasi historis munculnya konflik dan progress, mensistematisasi dan\r\nmengkonstruksi materi ajar agar signifikan bagi struktur kesadaran mereka.\r\nJenis penelitian ini merupakan penelitian literer (document/library research),\r\nyang mengambil unit analisa berupa signifikansi materi dan struktur kesadaran. Adapun\r\nobjek kajiannya berupa buku teks pelajaran yang dipakai sebagai bahan ajar SKI di kelas,\r\nyaitu buku ”Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam” terbitan Tiga Serangkai Pustaka\r\nMandiri Solo. Berangkatdari paradigma kritis, pengumpulan datanya dilakukan melalui\r\nstudi pustaka untuk kemudian dilakukan analisa deskriptif dan konstruktif, menggunakan\r\npendekatan sejarah, bahasa, pengembangan kurikulum dan psikologi belajar/pendidikan.\r\nAdapun kerangka teoritiknya adalah prespektif konstruktivisme dengan menggunakan\r\nsejarah kritis, teori readibility, teori skemata dan teori kognitif Jean Piaget.\r\nDari prosedur eklektik ini menghasilkan beberapa temuan bahwa sejarah\r\nperkembangan Islam masa Abbasiyah itu berlangsung secara dinamis melalui dialektika\r\nkonflik yang ditopang oleh pengaruh agama dan semangat ashabiyah berbagai suku\r\nbangsa. Konsep khilafah universal yang dikembangkan oleh Abbasiyah merupakan suatu\r\nklarifikasi historis bahwa sebuah kekuasaan harus absolut untuk menjamin kesatuan\r\nummat, yang pada gilirannya mampu menopang progresivitas ummat membangun\r\nperadaban gemilang. Hanya saja, keagungan Islam pada masa itu mengalami\r\nketerputusan karena dominannya epistemologi bayani yang berlangsung sampai saat ini,\r\nakibatnya Islam terpinggirkan dari peradaban modern. Realitas historis yang ada pada\r\nbuku ajar lebih banyak menggunakan mainstream politik dan tidak menyentuh realitas\r\nriel ummat saat itu. Pada gilirannya, ini menjadi problem dalam pembelajaran SKI,\r\napalagi melalui analisa readibility kebanyakan teks-teks SKI sulit terbaca dan sejarah\r\ntidak bisa berbicara senyatana. Melalui teori skemata dalam pengembangan kurikulum,\r\nditemukan banyaknya celah untuk mengintrodusir pengetahuan kesejarahan dalam\r\nstruktur kesadaran siswa, melalui jalinan tematik dimulai dari keseharian siswa. Dengan\r\nskematisasi ini, akan memudahkan para siswa melakukan konstrusi pengetahuan melalui kinerja kognitif dari figuratif ke operatif dan dari asimilatif ke akomodatif sehingga tercapai keseimbangan (equilbrium) dalam struktur kognitif siswa."^^ . "2011-06-28" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09.226.066"^^ . "M. Fida Busyro Karim"^^ . "NIM. 09.226.066 M. Fida Busyro Karim"^^ . . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Text)"^^ . . . . . "BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Text)"^^ . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "Kontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6953 \n\nKontribusi Materi Konflik dan Materi Progress dalam Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII Semester Gasal Bagi Struktur Kesadaran Siswa\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .