%A NIM.: 22204012030 Hanny Rizqiyana Nur’aliya %O Dr. Dwi Ratnasari, M.Ag %T REKONSTRUKSI IDENTITAS ALPHA FEMALE DALAM ISLAM (Studi Kasus Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Pendidikan Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, MTsN 6 Bantul, dan MTsN 9 Bantul) %X Penelitian ini mengkaji rekonstruksi identitas Alpha Female dalam Islam, khususnya dalam kepemimpinan perempuan di lembaga pendidikan Islam. Meskipun Indonesia menekankan kesetaraan gender sebagai bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs), praktik patriarki dan stereotip gender masih dominan, sehingga perempuan kerap menghadapi diskriminasi dalam akses pendidikan dan kesempatan kepemimpinan. Istilah Alpha Female yang didukung oleh gerakan feminisme, muncul sebagai bentuk pengakuan atas repsentasi peran aktif perempuan sebagai pemimpin. Namun tantangan struktural dalam budaya patriarki tetap menjadi kendala. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha menggali dan mengkaji identitas Alpha Female dalam Islam terhadap peran kepemimpinan perempuan, tantangan kepemimpinan perempuan di lembaga pendidikan Islam, rekonstruksi identitas Alpha Female dengan analisis kepemimpinan perempuan dalam pendidikan Islam Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Prosedur pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan analisis dokumen dari literatur yang relevan. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling ini dipilih berdasarkan peran para informan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam, baik dekan di tingkat fakultas perguruan tinggi maupun kepala madrasah di tingkat pendidikan menengah. Hasil penelitian menunjukkan mengenai identitas Alpha Female dalam Islam, yang meskipun tidak dibahas secara langsung dalam Al-Qur'an atau Hadis, namun dapat dipahami bahwa prinsip-prinsip Islam mendukung perempuan untuk menjadi pemimpin. Perempuan sering menghadapi tantangan seperti bias gender dan interpretasi agama yang patriarkal di ruang lingkup kepemimpinan lembaga pendidikan Islam. Rekonstruksi identitas Alpha Female dalam pendidikan Islam melibatkan proses membangun kembali tentang kepemimpinan perempuan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan akhlakul karimah. Proses ini mendorong perempuan untuk berperan aktif dalam pengembangan pendidikan Islam dan pemberdayaan perempuan di masyarakat. %K alpha female; leadership; Islamic education; women %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib69535