eprintid: 69540 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/95/40 datestamp: 2025-01-21 08:43:00 lastmod: 2025-01-21 08:43:00 status_changed: 2025-01-21 08:43:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Afni Himmatul Ulya, NIM.: 21104060035 title: PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA ispublished: pub subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: Five-tier Multiple Choice; Miskonsepsi; Pictorial; Sel Elektrokimia; Tes Diagnostik note: Setia Rahmawan, M.Pd. abstract: Miskonsepsi merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran kimia, terutama pada materi sel elektrokimia seperti sel volta dan elektrolisis. Konsep ini melibatkan reaksi redoks, perpindahan elektron, serta proses di anoda dan katoda, sehingga sering menyebabkan kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen tes diagnostik five-tier multiple choice berbasis pictorial untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi ini. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) model Tessmer yang meliputi lima tahap: preliminary (analisis kebutuhan), self-evaluation (pengembangan awal instrumen), expert review (validasi ahli), one-to-one evaluation (uji coba terbatas), dan small group evaluation (uji coba kelompok kecil). Validitas diuji menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), sementara reliabilitas diuji dengan model Rasch. Hasil penelitian menunjukkan instrumen ini valid dengan nilai CVI rata-rata 1,00 dan reliabilitas sedang dengan Cronbach's Alpha 0,71–0,76. Instrumen ini berhasil mengungkap miskonsepsi pada konsep seperti prinsip kerja sel volta, elektrolisis, dan arah aliran elektron. Mayoritas peserta didik menggunakan internet sebagai sumber informasi utama, namun kurang terverifikasi sehingga memperbesar potensi miskonsepsi. Instrumen ini diharapkan membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran berbasis data untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. date: 2024-12-11 date_type: published pages: 194 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Afni Himmatul Ulya, NIM.: 21104060035 (2024) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SEL ELEKTROKIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69540/1/21104060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69540/2/21104060035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf