eprintid: 69541 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/95/41 datestamp: 2025-01-21 08:47:28 lastmod: 2025-01-21 08:47:28 status_changed: 2025-01-21 08:47:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Dwi Septiaji Gusti, NIM.: 20104070012 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS ispublished: pub subjects: 371.33 subjects: 570.7 divisions: pr_pendidikan_biologi_s1 full_text_status: restricted keywords: learning media; educational game; android based; viruses note: Erna Wulandari, M.Sc. abstract: Game edukasi merupakan jenis permainan yang dirancang dengan tujuan utama untuk mengedukasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang praktis dengan game edukasi berbasis Android pada materi virus dan untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi virus. Metode penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan pendekatan ADDIE menurut Branch yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen berupa angket dengan skala likert 4 untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis Android pada materi virus. Game edukasi yang dikembangkan dinilai dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan guru biologi. Uji coba game edukasi dilakukan secara terbatas pada 15 peserta didik kelas X SMAN 1 Piyungan. Hasil penelitian ini menunjukan kategori “sangat layak” dengan nilai validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,71%, validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase 83,08%, validasi oleh guru diperoleh rata-rata presentase pada media sebesar 95,71% dan pada materi sebesar 87,69%, dan penilaian respon peserta didik diperoleh rata-rata presentase sebesar 84,27% yang menunjukkan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, maka game edukasi berbasis Android pada materi virus sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang praktis bagi peserta didik. date: 2024-12-05 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dwi Septiaji Gusti, NIM.: 20104070012 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI VIRUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69541/1/20104070012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69541/2/20104070012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf