eprintid: 6955 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/69/55 datestamp: 2013-02-13 17:25:47 lastmod: 2015-04-24 08:34:12 status_changed: 2013-02-13 17:25:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dzulhaq Nurhadi, NIM. 09226014 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN KISAH YUSUF AS DALAM AL-QURAN ispublished: pub subjects: P divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: nilai-nilai, pendidikan islam, yusuf as, al-qur'an note: Pembimbing : Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M.A. abstract: Maraknya perilaku anarkis, sulitnya mencari orang jujur, mahalnya rasa kedamaian, dan sepinya rasa tanggung jawab, bisunya suara hati nurani, menipisnya rasa toleransi, serta amanat yang sering diabaikan, dan munculnya budaya-budaya instant. Hal tersebut merupakan pertanda lunturnya nilai-nilai kehidupan dan pergeseranya, yang semestinya menjadi pedoman dan diterapkan dalam kehidupan. Maka untuk memperbaiki keadaan ini, perlu digali lagi nilainilai kehidupan dan penanamannya di lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga. Dengan menjadikan kisah Nabi Yusuf as dalam al-Quran serta peristiwaperistiwa menjadikan objek, maka penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi atau mengungkap nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Yusuf as dalam al-Quran, mengacu pada kitab-kitab tafsir, dengan menggunakan analisis kualitatif, berupa teori-teori, konsep-konsep, pernyataan-pernyataan beberapa ahli yang memiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, dimana penyajiannya bersifat deskriftif dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian dengan mengumpulkan data-data yang memiliki relevansi dengan masalah yang dibahas, baik itu yang bersumber dari buku atau sumber tertulis lainnya (makalah, artikel, atau laporan penelitian). Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa data tersebut adalah metode analisis isi (content analysis), yakni melakukan analisa terhadap makna yang tertuang dalam keseluruhan tentang nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kisah Yusuf as. kemudian dijabarkan secara rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisi kehidupan keagamaan Yusuf as jauh lebih ditekankan daripada aspek kepribadianya yang lain, dengan demikian kisah ini mengandung nilai-nilai pendidikan yang bersifat unversal dan abadi dalam kehidupan ini, sebagaimana nilai-nilai universal yang digagas oleh UNESCO, yakni kedamaian, penghargaan, cinta, toleransi, kejujuran, kerendahan hati, kerjasama, kebahagiaan, tanggun jawab, kesederhanaan, kebebasan, dan persatuan. Selain dua belas nilai tersebut adalah nilai kesabaran, kesabaran menjadi salah satu kunci kesuksesan Nabi Yusuf dan keluarganya dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan. Maka Kisah Nabi Yusuf as sangat tepat untuk digunakan sebagai media dalam penanaman nilai-nilai luhur dalam kehidupan baik di keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. date: 2011-06-22 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga thesis_type: masters thesis_name: other citation: Dzulhaq Nurhadi, NIM. 09226014 (2011) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KISAH YUSUF AS DALAM AL-QURAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6955/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6955/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf