relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559/ title: PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN creator: Talitha Emilia, NIM.: 21104060019 subject: 540.7 Pendidikan Kimia description: Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi kimia yang dianggap abstrak karena mencakup ketiga representasi kimia. Masih sedikit guru kimia yang mengembangkan tes diagnostik bertingkat untuk identifikasi miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik five-tier multiple choice berbasis pictorial yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Tessmer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik five-tier dan lembar validasi ahli evaluasi. Berdasarkan uji validitas isi menggunakan Rasio Validitas Isi (CVR), terdapat 25 item yang memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji reliabilitas yang diperoleh Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,90 yang menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan. Hal ini dapat mengidentifikasi kesalahpahaman siswa SMA pada materi sifat koligatif larutan, karena adanya gambar pada soal mampu memberikan gambaran representasi dari soal yang ditanyakan. date: 2024-12-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559/1/21104060019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559/2/21104060019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Talitha Emilia, NIM.: 21104060019 (2024) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.