eprintid: 69559 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/95/59 datestamp: 2025-01-22 02:19:07 lastmod: 2025-01-22 02:19:07 status_changed: 2025-01-22 02:19:07 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Talitha Emilia, NIM.: 21104060019 title: PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN ispublished: pub subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: sifat koligatif; larutan elektrolit; five-tier; pictorial note: Setia Rahmawan, M.Pd. abstract: Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi kimia yang dianggap abstrak karena mencakup ketiga representasi kimia. Masih sedikit guru kimia yang mengembangkan tes diagnostik bertingkat untuk identifikasi miskonsepsi pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik five-tier multiple choice berbasis pictorial yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Tessmer. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA/MA. Instrumen yang digunakan yaitu tes diagnostik five-tier dan lembar validasi ahli evaluasi. Berdasarkan uji validitas isi menggunakan Rasio Validitas Isi (CVR), terdapat 25 item yang memenuhi kriteria valid. Berdasarkan uji reliabilitas yang diperoleh Nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,90 yang menunjukkan bahwa tes yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan. Hal ini dapat mengidentifikasi kesalahpahaman siswa SMA pada materi sifat koligatif larutan, karena adanya gambar pada soal mampu memberikan gambaran representasi dari soal yang ditanyakan. date: 2024-12-09 date_type: published pages: 179 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Talitha Emilia, NIM.: 21104060019 (2024) PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE BERBASIS PICTORIAL UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559/1/21104060019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69559/2/21104060019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf