%A NIM.: 21104060006 Nadia Ilda %O Jamil Suprihatiningrum S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D., %T INVESTIGASI GAP PROSES PEMBELAJARAN KIMIA INKLUSIF MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) %X Penelitian ini menganalisis kesenjangan dalam pembelajaran kimia inklusif menggunakan kerangka Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Universal Design for Learning (UDL). Data diperoleh melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen dari dua guru kimia di sekolah inklusif. Hasil penelitian mengidentifikasi kelemahan utama pada integrasi teknologi dalam dimensi TCK dan TPCK, serta kurangnya adaptasi pembelajaran untuk mendukung kebutuhan siswa dengan beragam kemampuan. Rekomendasi mencakup penyelenggaraan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi secara efektif dan penyusunan panduan praktis pembelajaran kimia inklusif berbasis TPACK-UDL. %K pendidikan kimia inklusif, TPACK-UDL; disabilitas %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib69560