eprintid: 69560 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/95/60 datestamp: 2025-01-22 02:39:24 lastmod: 2025-01-22 02:39:24 status_changed: 2025-01-22 02:39:24 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nadia Ilda, NIM.: 21104060006 title: INVESTIGASI GAP PROSES PEMBELAJARAN KIMIA INKLUSIF MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL) ispublished: pub subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: pendidikan kimia inklusif, TPACK-UDL; disabilitas note: Jamil Suprihatiningrum S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D., abstract: Penelitian ini menganalisis kesenjangan dalam pembelajaran kimia inklusif menggunakan kerangka Technological, Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan Universal Design for Learning (UDL). Data diperoleh melalui wawancara, observasi kelas, dan analisis dokumen dari dua guru kimia di sekolah inklusif. Hasil penelitian mengidentifikasi kelemahan utama pada integrasi teknologi dalam dimensi TCK dan TPCK, serta kurangnya adaptasi pembelajaran untuk mendukung kebutuhan siswa dengan beragam kemampuan. Rekomendasi mencakup penyelenggaraan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi secara efektif dan penyusunan panduan praktis pembelajaran kimia inklusif berbasis TPACK-UDL. date: 2024-12-12 date_type: published pages: 113 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nadia Ilda, NIM.: 21104060006 (2024) INVESTIGASI GAP PROSES PEMBELAJARAN KIMIA INKLUSIF MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING (UDL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69560/1/21104060006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69560/2/21104060006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf