TY - THES N1 - Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag. ID - digilib6957 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6957/ A1 - Zainal Muttaqien, NIM. 09.226.004 Y1 - 2011/06/18/ N2 - Salah satu tantangan pendidikan dewasa ini adalah membangun keterampilan abad 21, di antaranya adalah keterampilan melek teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan berpikir kritis dan sistemik, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan berkomunikasi efektif dan keterampilan berkolaborasi. Keterampilan tersebut itulah yang menurut PBB merupakan ciri dari masyarakat era global saat ini, yaitu masyarakat berpengetahuan (knowledge-based scoiety). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terutama internet, memiliki potensi yang sangat besar sebagai sarana atau alat untuk membangun keterampilan tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pendidikan modern, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran. Penelitian tesis ini secara teoritik bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan praktis bagi para guru madrasah terkait pemanfaatan teknologi internet dalam hal ini diwakili oleh blog. Oleh karena banyaknya tudingan terhadap rendahnya kualitas kemampuan guru madrasah dalam memanfaatkan teknologi informasi komunikasi baik sebagai pengayaan metode, sebagai media pembelajaran dan sebagai sumber belajar alternatif di madrasah maka diharapkan melalui penelitian ini dapat menginspirasi para guru madrasah agar mampu membuat sebuah blog pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang objek utamanya adalah buku-buku perpustakaan dan literatur-literatur lainya seperti koran, majalah, makalah, laporan-laporan penelitian dan benda-benda tertulis lainnya termasuk website dan blog di internet. Penelitian jenis ini lebih banyak bersifat selain deskriptif juga bertujuan mengembangkan teori terkait teknologi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blog merupakan web yang dapat dibangun guru madrasah dengan mudah tanpa perlu pengetahuan teknis terkait bahasa pemrograman pembuatan web seperti java, html dan lain sebagainya. Sebuah weblog dapat dibangun secara instant, mengikuti petunjuk yang ada pada penyedia layanan weblog. Yang perlu diperhatikan hanya pada aspek pengelolaan konten dan mengkustomisasinya dengan sejumlah pengaturan yang berorientasi pada tujuan dan kepentingan pembelajaran. Sebagai sebuah media dan sumber belajar alternatif blog dinilai cukup strategis untuk memperkaya materi pembelajaran qur?an hadits tingkat madrasah aliyah. Dengan adanya blog yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja, proses pembelajaran tidak berhenti hanya sampai di kelas atau di madrasah. Di rumah, di warnet, atau di manapun, para siswa bisa melanjutkan proses pembelajarannya dengan cara membaca tulisan dari gurunya di blog, sekaligus berdiskusi di sana. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - blog KW - media KW - sumber belajar KW - al-qur;an KW - hadis KW - madrasah M1 - masters TI - PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR ALTERNATIF QUR?AN HADITS TINGKAT MADRASAH ALIYAH AV - restricted ER -