@mastersthesis{digilib6971, month = {February}, title = {IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) KIBAR, GROJOGAN, BANTUL, D.I. YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM: 06.221.591 A. Amali Kurniawan}, year = {2012}, note = {Pembimbing : Prof. Dr. H. Wuradji, M.S.}, keywords = {Implementasi, Portofolio, PAUD/TK}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6971/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian berbasis portofolio di Taman Kanak-kanak (TK) KIBAR, Grojogan, Bantul, D.I. Yogyakarta, yaitu meliputi: (1) Persepsi guru/usta{\.z}ah tentang portofolio sebagai instrumen penilaian belajar anak; (2) Model rancangan penilaian portofolio yang digunakan; (3) Implementasi penilaian berbasis portofolio dalam menilai perkembangan anak; dan (4) Respon orang tua terhadap hasil penilaian berbasis portofolio. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) yang bersifat deskriptif analitik, dengan teknik analisis data interaktif berdasarkan pada metode induktif kualitatif. Sifat deskriptif dalam penelitian ini termasuk dalam tipe studi kasus yang bersifat pengamatan (observational case studies). Dalam pengumpulan data, peneliti sebagai key instrument dilengkapi dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik perpanjangan kehadiran/keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil analisis penelitian di TK KIBAR Yogyakarta menunjukkan bahwa: pertama, persepsi guru/usta{\.z}ah tentang portofolio sebagai instrumen penilaian belajar anak sudah mengarah pada rumusan (definisi) umum penilaian berbasis portofolio. Kedua, model rancangan portofolio dibuat sesuai dengan kebutuhan dalam menilai belajar anak agar memudahkan kinerja para usta{\.z}ah dan juga mudah dipahami oleh orang tua/wali santri, yaitu berupa: Buku Majalah (BUMA), Buku KIBAR (Pra, A, B, dan C), dan Buku BACALAH (1A, 1B, 2A, 2B, dan 3). Ketiga, Penilaian berbasis portofolio telah dilaksanakan di TK KIBAR sebagai alat evaluasi belajar anak usia dini/TK, yang mencakup: Sasaran penilaian mencakup dimensi/aspek-aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, serta sosial emosional; Langkah penilaian berbasis portofolio yang telah diterapkan hampir sesuai dengan standar dan prosedur implementasi portofolio yang benar; Bentuk laporan penilaian berbasis portofolio berupa: satu bendel BUMA (lima jilid), Jurnal Kartu Prestasi Membaca (KIBAR dan BACALAH), dan rapor santri yang diberikan kepada orang tua/wali setiap akhir semester; Evaluasi pelaksanaan penilaian berbasis portofolio dilakukan dengan memberikan narasi pada perkembangan belajar anak. Keempat, respon orang tua/wali santri terhadap hasil penilaian berbasis portofolio sangat positif, dengan indikasi adanya kepuasan orang tua/wali terhadap perkembangan belajar anaknya dan dilibatkan dalam membimbing belajar anak di rumah.} }