<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah)"^^ . "Menginjak pertengahan abad ke-7 H./ke-13 M. perayaan maulid sering\r\nmenimbulkan pertentangan hebat. Kala itu maulid sudah dianggap sebagai bid‘ah.\r\nPara pendukung perayaan ini diserang dengan ganas dan sering menimbulkan\r\nreaksi balasan mereka. Di kemudian hari perselisihan berubah menjadi semacam\r\nperdebatan internasional yang sangat keras. Semua pihak yang berselisih, baik\r\nyang membolehkan maupun yang melarang, berlomba-lomba menulis buku\r\ntentang maulid. Dari kalangan yang membolehkan sebut saja Muh}ammad ‘Alawi\r\nal-Maliki (1944–2004 M.), Muh}ammad ibn Abi Bakr ibn ‘Abd Allah al-Qaisi al-\r\nDimasqi al-Syafi‘i, dan ‘Abd al-Rah}im ibn al-H}usain ibn ‘Abd al-Rah}man al-\r\nMis}ri, dan yang lainnya. Dari kalangan ulama yang melarang sebut saja ‘Abd\r\nAllah ibn Sulaiman ibn Mani‘, Ah}mad al-Kharis}i, H}amud al-Taujiri, Isma‘il ibn\r\nMuh}ammad al-Ans}ari, dan yang lainnya. Dari kalangan ulama Nusantara juga ada\r\nyang menulis buku tentang maulid, antara lain H.M.H al-Hamid al-Husaini, Abu\r\nUbaidah Yusuf ibn Mukhtar, dan K.H. Hasyim Asy‘ari (1871-1947 M.).\r\nKarya K.H. Hasyim Asy‘ari menarik untuk dibahas karena selain\r\nmempertimbangkan ketokohan pengarangnya, dari sisi karya itu sendiri di dalam\r\nnas}s}-nya ada beberapa temuan yang mengharuskan adanya penelitian dan\r\nperbaikan, dalam isinya terdapat kategorisasi perayaan maulid yang dianjurkan\r\n(mustah}ab) dan yang diharamkan, dan dalam aspek epistemologi hukumnya yang\r\nlebih memilih merujuk kepada pendapat-pendapat ulama terdahulu.\r\nPenelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research).\r\nPenelitian ini bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara lengkap naskah al-\r\nTanbihat al-Wajibat karya K.H. Hasyim Asy‘ari. Pertama-tama pendekatan\r\ntah}qiq digunakan dengan metode naskah tunggal sebagai dasar dalam membaca,\r\nmenggali dan memahami, serta menampilkan kembali naskah al-Tanbihat al-\r\nWajibat karya K.H. Hasyim Asy‘ari. Guna menganalisis data menyangkut\r\nepistemologi pemikiran K.H. Hasyim Asy‘ari digunakan metode analisis isi\r\n(content analysis), yaitu menganalisis sumber, metode, dan validitas pemikiran\r\nK.H. Hasyim Asy‘ari tentang perayaan maulid Nabi Saw. Untuk analisisnya\r\ndibantu dengan pendekatan us}ul al-fiqh.\r\nDari hasil penelitian dapat disimpulkan: pertama, naskah yang diteliti ini\r\nbetul-betul merupakan karya dari K.H. Hasyim Asy‘ari dengan judul lengkap al-\r\nTanbihat al-Wajibat li Man Yas}na‘ al-Maulid bi al-Munkarat, sebagaimana\r\ndiinformasikan dengan jelas di bagian akhir naskah. Dalam naskah ini diperoleh\r\nbeberapa temuan, antara lain 1) al-Tah}rif, yaitu perubahan yang terjadi pada huruf\r\natau i‘rab-nya; 2) al-Nuqs}an, yaitu ada beberapa kata atau kalimat dari buku asli\r\nyang tidak dicantumkan; 3) al-Ziyadah, yaitu menambahkan beberapa kata atau\r\nkalimat dalam kutipan yang tidak ada di buku asli. Kedua, dengan merujuk\r\nkepada sumber dari kalangan Malikiyyah dan Syafi‘iyyah dan menggunakan\r\nmetode bermazhab secara qauli, K.H. Hasyim Asy‘ mampu mengompromikan\r\nperbedaan pendapat tentang hukum maulid. Hasil temuannya dinilai valid karena\r\nsumber-sumbernya bisa dipertanggungjawabkan dan peracikan hukumnya relevan\r\ndengan teori-teori kebenaran. Jika dikaitkan dengan metode berijtihad secara\r\numum, epistemologi yang dikembangkan oleh K.H. Hasyim Asy‘ari lebih mengarah kepada metode bayani. Epistemologi yang dikembangkan hukum oleh\r\nK.H. Hasyim Asy‘ari dan kesimpulan hukum yang dihasilkannya sudah tepat dan\r\nsesuai dengan kondisi saat itu. Namun jika diukur dengan perkembangan ilmuilmu\r\nkeislaman sekarang, kesimpulan hukum K.H. Hasyim Asy‘ari masih terasa\r\nkental hitam putih. Oleh karena itu, untuk saat ini alangkah baiknya metode\r\nistis}lah}i ditambahkan dalam mempertimbangkan hukum perayaan maulid\r\ntersebut. Dengan mempertimbangkan kemaslahatan, maka seruan-seruan untuk\r\nmenghilangkan perayaan maulid dapat dipatahkan, karena ternyata perayaan\r\nmaulid dapat memberikan pelbagai kemaslahatan riil yang bisa dirasakan oleh\r\numat Islam. Tujuan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt dan kecintaan\r\nkepada Rasulullah Saw tercapai, kemaslahatan riil pun didapat."^^ . "2010-05-27" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM: 08216603"^^ . "Abdul Halim"^^ . "NIM: 08216603 Abdul Halim"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Text)"^^ . . . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . . "EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #6984 \n\nEPISTEMOLOGI PEMIKIRAN K.H. HASYIM ASY‘ARI DALAM AL-TANBIHAT AL-WAJIBAT LI MAN YASNA‘ AL-MAULID BI AL-MUNKARAT1287-1366 H./ 1871-1947 M. (Tahqiq dan Dirasah)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .