TY - THES N1 - Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd ID - digilib69842 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69842/ A1 - Mukhamad Yusuf Subkhi, NIM.: 20104010018 Y1 - 2025/01/07/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan teknologi dalam pendidikan mendorong integrasi media pembelajaran digital, termasuk Learning, namun masih ada guru yang menggunakan media pembelajaran konvesional yang menyebabkan siswa kurang efektif. Oleh sebab itu, penelti ingin melakukan eksperimen dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media Learning Management System (LMS) Moodle untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan LMS Moodle terhadap hasil belajar fikih siswa pada materi haji dan umroh kelas X di MAN 3 Sleman. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi experimental design dengan bentuk desain Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian mengambil lokasi di MAN 3 Sleman. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kelompok kelas, sehingga ditentukan subjek sejumlah 67 peserta didik dari kelas X R dan X H. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket pre-test dan post-test. Analisis data yang diperoleh menggunakan metode analisis statistik yaitu Uji T dengan bantuan SPSS 21 yang bertaraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pada penggunaan media pembelajaran LMS Moodle terhadap hasil belajar fikih pada siswa kelas X di MAN 3 Sleman. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen. Dimana H0 ditolak dan Ha diterima, maka ditarik kesimpulan media LMS Moodle memiliki pengaruh terhadap hasil belajar fikih siswa kelas X di MAN 3 Sleman. Kemudian perbedaan yang signifikan hasil belajar fikih dengan media LMS Moodle antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada siswa kelas X di MAN 3 Sleman. Berdasarkan uji independent sample t test Thitung > Ttabel (6,624>1,997)) dan signifikan p-value lebih kecil dari taraf signifikan (0,000 < 0,05) menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar fikih siswa dengan penerapan LMS Moodle. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Learning Management System (LMS) Moodle KW - Hasil Belajar KW - Fikih M1 - skripsi TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X DI MAN 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025 AV - restricted EP - 158 ER -