%0 Thesis %9 Skripsi %A Ridwan Faqih Sihono, NIM.: 20104010065 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:69843 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Toleransi Beragama, Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan, Pendidikan Agama Islam %P 156 %T HUBUNGAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TOLERANSI BERAGAMA SISWA KELAS X SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2024/2025 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69843/ %X Kurangnya pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sentolo menjadi perhatian penting, terutama dalam membangun sikap toleransi beragama di kalangan siswa yang mengakibatkan siswa beragama islam menyepelekan,kurangnya empati dan toleransi kepada siswa yang beragama non muslim, dan mengindikasikan masih kurang dalam pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA N 1 Sentolo Tahun Ajaran 2024/2025. (2) mendiskripsikan tingkat toleransi beragama toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo tahun ajaran 2024/2025 (3) menguji secara empiris hubungan antara pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dengan toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sentolo kelas X. Dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas A,C, dan E. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu Skala Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Skala Toleransi Beragama. Penulis melakukan uji kelayakan instrument berupa validitas menggunakan teknik Corrected Item-Total Correlation dan uji reliabilitas alpha cronbach’. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi rank spearman dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam siswa kelas X SMA N 1 Sentolo termasuk dalam kategori tinggi (N = 80, Mean = 100,23, dan Std. Deviation = 3,304). (2) toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo termasuk dalam kategori tinggi (N = 80, Mean = 78,76, dan Std. Deviation = 4,372). (3) ada hubungan positif signifikan antara pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam dengan toleransi beragama siswa kelas X SMA N 1 Sentolo, artinya semakin kuat pengamalan nilai-nilai pendidikan agama islam, maka semakin kuat toleransi beragama, begitu pula sebaliknya ( ρ) = 0,231 p (-1 tailed = 0,018<0,05.) %Z Sri Purnami, S.Psi. M.A