relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69844/ title: EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN MERUJUK PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 PAKEM creator: Himmatul ‘Ulya, NIM.: 20104040007 subject: Evaluasi Pendidikan description: Gerakan Literasi Sekolah (GLS) bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi melalui berbagai program dan kegiatan di sekolah. Literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup literasi numerasi yang melibatkan kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Proses standar bagi siswa dalam memperoleh dan menggunakan pengetahuan matematis, salah satunya adalah penalaran dan pembuktian. Kemampuan penalaran merupakan kemampuan menganalisis, memadukan, mengevaluasi, menyimpulkan, dan membuat justifikasi, yang diperlukan dalam literasi numerasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas GLS dalam mendukung pengembangan penalaran matematis siswa dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, studi dokumen, observasi, angket, dan tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data kualitatif meliputi kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Kemudian teknik analisis data kuantitatif meliputi statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Evaluasi context mengungkapkan bahwa program GLS memiliki tujuan yang jelas dan relevan dengan kebutuhan sekolah, terutama dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, termasuk literasi numerasi yang berkaitan dengan penalaran matematis; (2) Evaluasi input menunjukkan bahwa sekolah telah menyediakan strategi, SDM, dan sarana prasarana yang memadai, termasuk integrasi dalam pembelajaran matematika; (3) Evaluasi process mengindikasikan sekolah berhasil mengintegrasikan literasi dalam pembelajaran, termasuk matematika, melalui pendekatan sistematis dan inovatif yang mendukung pengembangan kemampuan numerasi serta penalaran matematis siswa; (4) Evaluasi product menunjukkan efektivitas yang tergolong sedang dalam meningkatkan literasi dan penalaran matematis siswa, dengan skor rata-rata masing-masing 53,42 dan 51,61. Indikator menganalisis memiliki pencapaian tertinggi (76%), sementara indikator lainnya masih rendah. Program GLS memberikan pengaruh yang signifikan namun kecil (5,1%). Diperlukan inovasi kegiatan literasi, pelatihan guru, dan integrasi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas program secara optimal. date: 2024-12-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69844/1/20104040007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69844/2/20104040007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Himmatul ‘Ulya, NIM.: 20104040007 (2024) EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN MERUJUK PADA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.