eprintid: 69845 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/98/45 datestamp: 2025-02-06 03:53:48 lastmod: 2025-02-06 03:53:48 status_changed: 2025-02-06 03:53:48 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Luthfiasari Rahmadhani, NIM.: 20104040047 title: PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Modul Ajar, Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Representasi Matematis note: Nidya Ferry Wulandari, M.Pd. abstract: Pentingnya kemampuan representasi matematis yaitu meningkatkankan kemampuan komunikasi matematis, membantu memahami konsep matematika, memecahkan masalah matematika, serta menjadikan gagasan matematis menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar (MA) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi statistika SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menghasilkan produk Modul Ajar Realistic Mathematics Education (RME) materi statistika yang memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A di MTs Negeri 7 Boyolali. Instrumen yang digunakan meliputi lembar skala penilaian modul ajar, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal penilaian kemampuan representasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi statistika berhasil dikembangkan melalui lima tahapan pengembangan ADDIE; modul ajar yang dikembangkan mendapat kualitas penilaian sangat baik dengan memperoleh skor rata-rata validasi 220; respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika menggunakan modul ajar mendapatkan penilaian positif sebesar 54,4; respon pendidik terhadap pembelajaran matematika menggunakan modul ajar mendapat penilaian positif sebesar 45; modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) efektif karena 64% peserta didik mampu mencapai nilai kriteria minimal yang ditentukan; modul ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis pada materi statistika yang dikembangkan telah mendapatkan penilaian valid, praktis, dan efektif. date: 2024-12-19 date_type: published pages: 334 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Luthfiasari Rahmadhani, NIM.: 20104040047 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69845/1/20104040047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69845/2/20104040047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf