%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Bayu Permana, NIM.: 21104010036 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:69854 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Al-Quran, Pengajaran Al-Quran, Tilawatul Qur’an %P 140 %T PELAKSANAAN TILAWATUL QUR’AN DI MADRASATUL QUR’AN AL-FITROH NOLOGATEN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69854/ %X Al-Qurān merupakan bagian penting dalam pendidikan islam. Oleh karena itu, kemampuan keluarga muslim dalam membaca al-Qurān dapat menjadi salah satu indikator untuk menilai keadaan pendidikan islam, serta persepsi masyarakat terhadap norma agama dan pengamalannya. Namun di zaman modern ini kita sering melihat remaja kurang berminat dalam menghabiskan waktunya untuk membaca al-Qurān. Remaja menghadapi gangguan, dan tantangan sosial media yang membuat mereka kurang antusias mempelajari dan membaca al-Qurān. Dengan adanya seni membaca al-Qur’an (Tilawatul Qur’an), diharapkan dapat memberikan kesenangan baru dalam membaca al-Qurān yang dapat meningkatkan semangat remaja untuk membaca al-Qur’ān. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengeksplorasi dan menganalisis interaksi, pengalaman, serta persepsi individu yang terlibat dalam pelatihan tilāwatul qur’ān di Madrasatul Qur’an Al-fitroh Nologaten. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi dengan memadukan berbagai sumber data, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta melibatkan beragam perspektif informan guna meminimalisir bias dan meningkatkan validitas temuan. Analisis data dilakukan menggunakan tiga langkah utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, 1. Pelaksanaan tilāwatul qur’ān menggunakan dua metode, yaitu metode sorogan dan metode bandongan, 2. Pelaksanaan tilāwatul qur’ān memberikan dampak peningkatan semangat serta prestasi peserta didiknya, dan pelaksanaan tilāwatul qur’ān dievaluasi menggunakan dua cara, evaluasi harian, dan evaluasi akhir, 3. Tilāwatul qur’ān memiliki implikasi terhadap pendidikan islam dalam hal penerapan nilai-nilai agama islam, peningkatan kedisiplinan, pembentukan karakter islami dan motivasi beribadah %Z Dr. H. Rofik, M.Ag.