@phdthesis{digilib69860, month = {January}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK IPA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI EKOSISTEM KELAS V MI/SD}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 21104080026 Hayyu Fitrah Aisya}, year = {2025}, note = {Anita Ekantini, M.Pd.}, keywords = {Pengembangan Media Pembelajaran, LKPD, ESD, Ekosistem}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69860/}, abstract = {Rendahnya literasi lingkungan peserta didik menjadi salah satu permasalahan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran di kelas cenderung berfokus pada teori dan kurang relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami keterkaitan materi dengan pengalaman nyata mereka. Pembelajaran yang lebih bermakna dapat terwujud apabila didukung dengan bahan ajar yang memfasilitasi kebutuhan peserta didik. Lembar Kerja Peserta Didik dibuat dengan berbasis Education for Sustainable Development (ESD) yang berisi kegiatan dan tugas yang dirancang untuk mengaitkan konsep-konsep pembelajaran dengan isu-isu lingkungan secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk pengembangan LKPD IPA berbasis ESD pada materi ekosistem kelas V MI/SD, (2) memperoleh produk pengembangan LKPD IPA berbasis ESD yang layak menurut penilaian validator, (3) memperoleh respon positif dari calon pengguna terhadap pengembangan LKPD IPA berbasis ESD pada materi ekosistem kelas V MI/SD. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissemination). Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, angket, dan dokumentasi. Dua jenis angket diterapkan dalam penelitian ini, yaitu angket penilaian validator dengan skala Likert dan angket respons keterbacaan oleh peserta didik dengan skala Guttman. Data yang diperoleh meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini melibatkan 20 peserta didik kelas V sebagai responden. Hasil penilaian pengembangan ini adalah (1) telah dikembangkan bahan ajar LKPD dengan karakteristik produk yang berisi kompetensi ESD yaitu: system thinking skill, foresighted thinking and strategizing, collaboration, dan action orientation. (2) berdasarkan hasil penilaian oleh dosen ahli materi, bahasa, dan media memperoleh kategori sangat baik. Penilaian oleh praktisi memperoleh kategori sangat baik. Rata-rata penilaian oleh dosen ahli dan praktisi memperoleh skor 90,8 dengan kategori ?sangat baik?. (3) respon calon pengguna tehadap bahan ajar LKPD IPA berbasis ESD memperoleh persentase 98\% dan termasuk dalam kategori ?positif?. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa LKPD IPA berbasis ESD yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Ekosistem di MI/SD."} }