eprintid: 69864 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/98/64 datestamp: 2025-02-06 06:44:28 lastmod: 2025-02-06 06:44:28 status_changed: 2025-02-06 06:44:28 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Mustafa Kamal, NIM.: 19103080034 title: ITIKAD TIDAK BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK TERKENAL STARBUCKS (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 836 K/PDT.SUS-HKI/2022) ispublished: pub subjects: 341.7 divisions: ek_syariah full_text_status: restricted keywords: sengketa merk; pendaftaran merek; itikad baik note: A Hasfi Luthfi, M.H. abstract: Penelitian ini mengkaji sengketa merek "Starbucks" antara Starbucks Corporation dan PT. Sumatra Tobacco Trading Company, yang terdaftar untuk produk rokok di Indonesia. Sengketa ini menguji penerapan asas-asas hukum merek, khususnya terkait perlindungan merek terkenal dan itikad tidak baik dalam pendaftaran merek. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana merek "Starbucks" yang didaftarkan oleh PT. Sumatra Tobacco Trading Company memenuhi unsur itikad tidak baik dan bagaimana pertimbangan hakim Mahkamah Agung dalam memutuskannya. Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan studi kasus terhadap putusan pengadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengertian dan penerapan itikad tidak baik dalam pendaftaran merek di Indonesia, terutama dalam sengketa yang melibatkan merek terkenal seperti “Starbucks”. Mahkamah Agung membatalkan merek "Starbucks" milik PT. Sumatra Tobacco Trading Company karena dianggap melanggar hak atas merek terkenal milik Starbucks Corporation. Meskipun terdaftar lebih dulu, penggunaan merek yang sama untuk produk yang berbeda dapat menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen dan merugikan reputasi Starbucks Corporation. Putusan ini menunjukkan bahwa perlindungan merek terkenal di Indonesia melampaui batas-batas kelas produk. Hasil penelitian menegaskan bahwa Mahkamah Agung menekankan pentingnya itikad baik dalam pendaftaran merek dan memperkuat perlindungan hukum bagi merek-merek terkenal di Indonesia. Putusan ini menjunjung tinggi asas keadilan dan prinsip kemanfaatan dengan melindungi konsumen dari potensi kebingungan dan menjaga kredibilitas pasar. date: 2024-11-19 date_type: published pages: 175 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mustafa Kamal, NIM.: 19103080034 (2024) ITIKAD TIDAK BAIK DALAM PENDAFTARAN MEREK TERKENAL STARBUCKS (STUDI PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 836 K/PDT.SUS-HKI/2022). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69864/1/19103080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69864/2/19103080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf