eprintid: 69880 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/98/80 datestamp: 2025-02-07 01:55:41 lastmod: 2025-02-07 01:55:41 status_changed: 2025-02-07 01:55:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Adi Ihsanul Amal, NIM.: 22204022002 title: INTEGRASI ILMU NAHWU DAN PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM KITAB AL-FUTUHAT AL-QUDDUSIYYAH FI SYARH AL-MUQADDIMAH AL-JURUMIYYAH KARYA IBN ‘AJIBAH PERSPEKTIF KECERDASAN SPIRITUAL ARY GINANJAR ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Integrasi Keilmuan, Ilmu Nahwu, Pendidikan Spiritual note: Dr. Nasiruddin, M.S.I., M.Pd. abstract: Dalam pembelajaran ilmu nahwu, seringkali hanya fokus pada pemahaman rumus dan aturan, serta menganggap ilmu nahwu sekadar alat untuk memahami bahasa Arab, tanpa memperhatikan nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai nilai-nilai spiritual dari ilmu nahwu yang terkandung dalam kitab Al-Futūhāt Al-Quddūsiyyah FῙ Syarh Al-Muqaddimah Al-Jurūmiyyah karya Ibn ‘Ajibah yang diharapkan bisa meningkatkan pemahaman nilai-nilai spiritual pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif yang merupakan penelitian kepustakaan atau kajian pustaka (library reseach), serta dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah hermeneutika. Sumber data penelitian diperoleh dari kitab Al-Futūhāt Al-Quddūsiyyah FῙ Syarh Al-Muqaddimah Al-Jurūmiyyah karya Ibn ‘Ajibah sebagai sumber primer, serta dari penelitian, jurnal, dan buku-buku yang terkait. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis. Hasil dari penelitiaan ini: (1) Ada dua alasan pengarang mengarang kitab Al-Futūhāt Al-Quddūsiyyah FῙ Syarh Al-Muqaddimah Al-Jurūmiyyah, yaitu pertama karena kondisi sosial pada saat itu banyak masyarakat yang masih terkonstruksi dengan pemikiran tentang kesesatan ilmu tasawuf, sehingga pengarang menyusun kitab tersebut untuk meluruskan dan memperbaiki pandangan masyarakat tentang ilmu tasawuf, alasan kedua yaitu sumbangsih atau kontribusi ilmu pengentahuan yang lahir dari kegigihan dan ketekunan dalam mencari ilmu dan menuangkannya dalam bentuk karya tulisan. (2) Sebuah konsep pendidikan spiritual yang membentuk kepribadian melalui penanaman nilai moral dan akhlak mulia, bertujuan menciptakan seseorang yang beriman, bertakwa, bertekad bulat, dan memiliki pandangan positif dalam hidup. (3) Integrasi ilmu nahwu dan pendidikan spiritual yang ada dalam kitab Al-Futūhāt Al-Quddūsiyyah FῙ Syarh Al-Muqaddimah Al-Jurūmiyyah, yang terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Proses penjernihan emosi atau Zero Mind Process. 2) Membangun mental atau Mental Building, 3) Ketangguhan pribadi atau Personal Strengh. 4) Ketangguhan sosial atau Sosial Strengh. Semua tahapan tersebut terdapat pada ihsan, rukun iman dan rukun Islam. date: 2024-12-27 date_type: published pages: 201 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Adi Ihsanul Amal, NIM.: 22204022002 (2024) INTEGRASI ILMU NAHWU DAN PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM KITAB AL-FUTUHAT AL-QUDDUSIYYAH FI SYARH AL-MUQADDIMAH AL-JURUMIYYAH KARYA IBN ‘AJIBAH PERSPEKTIF KECERDASAN SPIRITUAL ARY GINANJAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69880/1/22204022002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69880/2/22204022002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf