eprintid: 69881 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/98/81 datestamp: 2025-02-07 01:57:53 lastmod: 2025-02-07 01:57:53 status_changed: 2025-02-07 01:57:53 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nurul Muthaharaini Maspeke, NIM.: 22204022010 title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA MAN 3 BANTUL ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Multimedia Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Kontekstual note: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Arab MAN 3 Bantul yang selama ini hanya menggunakan power point (PPT) dan buku ajar sehingga menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran serta siswa sulit dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran bahasa Arab di MAN 3 Bantul serta meningkatkan kemampuan siswa pada materi Qowā’id dan maharan Istima’. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 3 Bantul. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Adpaun data-data berupa angka yang dianalisis menggunakan uji independent Sample T-Test dan uji N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 27. Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Produk berupa video pembelajaran bahasa Arab yang memuat materi kelas X semester ganjil dengan tema aqsamul kalimat, ḍamir dan mufrod, muṡanna dan jama’. 2) Hasil analisis multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan berawal dari hasil uji kelayakan para ahli yaitu, ahli materi dan ahli media. Hasil persentase rata-rata kesleuruhan aspek yang dinilai dari ahli materi sebesar 87%, sedangkan ahli media sebesar 82% dan keduanya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil uji T-test data Post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,01 dengan begitu date: 2025-01-07 date_type: published pages: 156 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nurul Muthaharaini Maspeke, NIM.: 22204022010 (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA MAN 3 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69881/1/22204022010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69881/2/22204022010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf