%0 Thesis %9 Masters %A Heni Wahyuni, NIM.: 22204022014 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:69883 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kitab Ta'lim Al-Lugah Wa As - Saqafah Lin-Natiqin Bi Gairi Al-'Arabiyyah, Teori William Francis Mackey, Pembelajaran Bahasa Arab %P 150 %T KITAB TA'LIM AL-LUGAH WA AS -SAQAFAH LIN-NATIQIN BI GAIRI AL-'ARABIYYAH KARYA AHMAD ALI HAMMAM (PERSPEKTIF TEORI WILLIAM FRANCIS MACKEY) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69883/ %X Pembelajaran bahasa Arab dengan mengintegrasikan budaya Arab mempunyai peran penting dalam memperkaya pengalaman belajar siswa. Penelitian ini bertuan untuk mendeskripsikan materi pada kitab Ta'lim al Lugah wa as Saqafah lin Natiqin bi Gairi al-'Arabiyyah Karya Ahmad Ali Hammam perspektif teori William Francis Mackey, serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kitab apabila diimplementasikan di satuan pendidikan Indonesia. Penelitian adalah penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research). Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu kitab Ta'lim al Lugah wa as Saqafah lin Natiqin bi Gairi al--'Arabiyyah Karya Ahmad Ali Hammam. Data primer dalam penelitian ini adalah kitab Ta'lim al Lugah wa as Saqafah lin Natiqin bi Gairi al--'Arabiyyah Sedangkan data sekunder adalah buku buku dan karya ilmiah. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumenter, yang mana peneliti mengumpulkan data melalui dokumen-dokumen seperti jurnal dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Ta'lim al-Lugah wa as - Saqafah lin-Natiqin bi Gairi al-'Arabiyyah karya Ahmad Ali Hammam mengintegrasikan pembelajaran bahasa Arab dan budaya Arab secara komprehensif dengan menekankan empat keterampilan utama (mendengar, berbicara, membaca, menulis) serta materi gramatika Arab. Kitab ini juga mengenalkan tradisi Arab melalui syair dan peribahasa yang mencerminkan nilai-nilai moral, seni, dan pandangan hidup masyarakat Arab. Dalam penyusunan buku ajar, Hammam mengikuti teori William Francis Mackey dengan memperhatikan seleksi, gradasi lurus, presentasi bahasa Arab Fusha, dan repetisi yang sesuai dengan empat keterampilan berbahasa. Kelebihannya adalah penggunaan bahasa Arab Fusha yang meningkatkan penguasaan kosakata dan pengenalan budaya Arab, sementara kekurangannya terletak pada keterbatasan waktu pembelajaran dan kurangnya konteks multikultural yang dapat menyulitkan siswa di Indonesia. %Z Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd