@phdthesis{digilib69951, month = {November}, title = {PEMBELAJARAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI KITAB SYI?IR NGUDI SUSILO ANAK KELAS 1 TPQ AL-IMDAD BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030028 Sania Nur Aziziyah}, year = {2024}, note = {Drs. H. Suismanto, M. Ag.}, keywords = {Pembelajaran Akhlakul Karimah, Kitab Syi?ir Ngudi Susilo, Anak Usia Dini, TPQ Al-Imdad Bantul}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69951/}, abstract = {Pembelajaran akhlakul karimah merupakan suatu proses interaksi antara murid dengan guru mengenai budi pekerti, perilaku atau tabia?at yang bagus dan terpuji. Pembelajaran tersebut melalui media kitab syi?ir ngudi susilo yang merupakan kitab berisi materi pendidikan dasar adab akhlak anak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan pembelajaran akhlakul karimah melalui kitab syi?ir ngudi Susilo anak kelas 1 TPQ Al-Imdad Bantul; (2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran akhlakul karimah melalui kitab syi?ir ngudi susilo anak kelas 1 TPQ Al-Imdad Bantul. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Juni-Juli 2024 bertempat di TPQ Al-Imdad Bantul, Kauman, Wijirejo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta triangulasi teknik penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Kitab syi?ir ngusi susilo merupakan metode yang dipilih serta diterapkan dalam pembelajaran akhlakul karimah anak kelas 1 TPQ Al-Imdad Bantul. Dalam prosesnya terdapat 3 tahapan, yaitu lalaran, talaqi dan sorogan. Dalam tahapan yang dilakukan senantiasa melibatkan daya ingat anak serta melatih mental bersosialisasi antar teman kelas maupun luar kelas serta guru pengampu maupun guru yang lain. Pembelajaran masih dalam tahap moral knowing serta moral felling dimana anak sudah mengetahui dan merasakan namun belum melaksanakan akhlakul karimah secara maksimal. (2) Faktor pendukung dalam pembelajaran akhlakul karimah melalui kitab syi?ir ngudi susilo anak kelas 1 ini adalah guru yang kompeten sehingga mengerti apa yang akan diajarkan kepada anak, keantusiasan anak dalam pembelajaran membawa dampak positif dalam proses pemahaman dan pengamalan serta lingkungan TPQ yang berada dalam lingkup pondok pesantren. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran akhlakul karimah ini adalah keterbatasan waktu pembelajaran, keterbatasan pemahaman bahasa serta keberagaman karakterisktik anak.} }