eprintid: 69992 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/99/92 datestamp: 2025-02-11 02:48:51 lastmod: 2025-02-11 02:48:51 status_changed: 2025-02-11 02:48:51 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ahmad Aulia Firdaus, NIM.: 18107010059 title: PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN ispublished: pub subjects: 158.3 subjects: 370.114 divisions: jur_psi full_text_status: restricted keywords: teacher's role; character education; religious character note: Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi. abstract: Pendidikan karakter religius adalah proses transformasi nilai-nilai agama untuk ditumbuhkembangkan dalam diri siswa agar menjadi pribadi yang religius. Karakter religius merupakan karakter yang harus ditanamkan sejak dini baik dilingkungan keluarga, masyarakat, maupun sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Moyudan serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini melibatkan 3 Guru PAI sebagai informan utama dan 3 siswa sebagai informan tambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan FGD (Focus Group Discussion). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PAI telah melakukan perannya sebagai Pendidik dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter religius pada siswa, dimana guru PAI dapat membimbing siswa dengan memberikan arahan dan pemahaman terkait nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran dan kegiatan keagamaan, serta mampu menjadi teladan bagi siswa dengan mengamalkan nilai karakter religius secara langsung yang bertujuan agar siswa dapat mencontoh. Guru PAI juga memberikan motivasi pada siswa berupa nasihat-nasihat dan masukan yang baik. Serta melakukan evaluasi bersama terhadap ketercapaian pembentukan karakter religius siswa. Faktor pendukung Guru PAI dalam mengimplementasikan karakter religius yaitu adanya dukungan dari seluruh warga sekolah, kontribusi orang tua ketika dirumah, adanya program sekolah yang menunjang karakter religius, terakhir yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran siswa, pergaulan siswa yang kurang baik, dan terakhir adalah adanya perbedaan prinsip antara guru dengan dinas terkait. date: 2024-09-12 date_type: published pages: 164 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Aulia Firdaus, NIM.: 18107010059 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69992/1/18107010059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69992/2/18107010059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf