eprintid: 70018 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/00/18 datestamp: 2025-02-18 02:47:30 lastmod: 2025-02-18 02:47:30 status_changed: 2025-02-18 02:47:30 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Sisiya Siwi Satwika, NIM.: 20104010013 title: STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN ispublished: pub subjects: 370.114 divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Strategi Guru PAI, Karakter Religius, Siswa Tunagrahita. note: Dr. Akhmad Soleh, S.Ag., M.Si. abstract: Pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius pada siswa tunagrahita di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman dan latar belakang peneliTIan ini adalah untuk menunjukkan bahwa karakter tidak hanya ditujukan kepada anak-anak non disabilitas saja, tetapi juga kepada anak-anak yang memiliki disabilitas baik fisik maupun mental, sebab mereka juga akan menghadapi kehidupan yang global dengan segala macam tantangan dan perkembangannya. PeneliTIan ini merupakan peneliTIan kualitaTIf dengan menggunakan pendekatan deskripTIf. Subyek dalam peneliTIan ini adalah Kepala Sekolah SLB BhakTI PerTIwi, Guru PAI SLB BhakTI PerTIwi dan Siswa SLB BhakTI PerTIwi. Adapun pengumpulan data pada peneliTIan kali ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil peneliTIan menunjukkan bahwa 1. karakterisTIk siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman pada dasarnya sama seperTI siswa tunagrahita pada umumnya, sulit mengontrol emosi dan sulit menerima informasi baik verbal maupun non-verbal. 2. Strategi yang digunakan guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi Bokoharjo Sleman yakni strategi pemahaman, pembiasaan, keteladanan dan moTIvasi. 3. Faktor pendukung pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi diantaranya kerjasama warga sekolah, peran orangtua, sarana dan prasarana, serta kegiatan keagamaan. faktor penghambat pembentukan karakter religius siswa tunagrahita ringan di SLB BhakTI PerTIwi diantaranya faktor keterbatasan siswa serta kurangnya peran orangtua dan juga lingkungan. date: 2024-11-07 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sisiya Siwi Satwika, NIM.: 20104010013 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SLB BHAKTI PERTIWI BOKOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70018/1/20104010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70018/2/20104010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf