eprintid: 70074 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/00/74 datestamp: 2025-02-13 02:27:33 lastmod: 2025-02-13 02:27:33 status_changed: 2025-02-13 02:27:33 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Diaul Mala, NIM.: 18102030070 title: POLA KEMITRAAN DALAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL BERBASIS WISATA DI PT SHAKRAN KREASI INDONESIA ispublished: pub subjects: 362 subjects: wira_usaha divisions: jur_pmi full_text_status: restricted keywords: partnership; social entrepreneurship; experiential tourism; community empowerment; MSMEs note: Beti Nur Hayati, M.A. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model kemitraan dalam kewirausahaan sosial berbasis wisata yang diterapkan oleh PT. Shakran Kreasi Indonesia dan dampaknya terhadap pelaku wisata sosial di Kabupaten Sleman. Dengan menggunakan metode wawancara dan analisis kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen utama dari model kemitraan yang melibatkan PT. Shakran dan para UMKM lokal, khususnya dalam konteks pemberdayaan ekonomi melalui wisata berbasis pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kemitraan PT. Shakran, yang bersifat kolaboratif dan inklusif, berhasil mendorong peningkatan pendapatan para pelaku wisata sosial dengan memperluas akses pasar melalui pelatihan digital marketing dan promosi online. Kemitraan ini juga berperan dalam pemberdayaan komunitas lokal, terutama perempuan, dengan meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dalam mengelola usaha berbasis wisata. Selain itu, inovasi dalam wisata berbasis pengalaman seperti Ecoprint dan kerajinan tangan telah memperkuat daya tarik wisata dan mendukung ekonomi kreatif.Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti ketergantungan pada model kemitraan informal dan keterbatasan infrastruktur. Kritik dan saran yang diberikan mencakup perlunya model kemitraan yang lebih formal dan standarisasi kualitas, serta peningkatan dalam pengelolaan sumber daya dan inovasi berkelanjutan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya keberlanjutan komunikasi dan dukungan yang efektif dalam memastikan dampak positif jangka panjang dari kemitraan sosial berbasis wisata. date: 2024-12-09 date_type: published pages: 124 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Diaul Mala, NIM.: 18102030070 (2024) POLA KEMITRAAN DALAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL BERBASIS WISATA DI PT SHAKRAN KREASI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70074/1/18102030070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70074/2/18102030070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf