%0 Thesis %9 Skripsi %A Rio Fierdiawan, NIM.: 20104020051 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:70086 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Bahasa Arab, Instagram, Mufradat, Konten Pembelajaran, Media Sosial %P 169 %T TAHLIL MUHTAWA TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH 'ALA HISAB INSTAGRAM @taalum.id %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70086/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten pembelajaran Bahasa Arab pada akun Instagram @taalum.id. Dengan meningkatnya kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik dan efektif, Instagram diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai jenis konten yang disajikan, termasuk mufradat, tata bahasa, dan percakapan sehari-hari. Melalui metode analisis deskriptif, data dikumpulkan dari postingan akun tersebut selama periode Januari hingga Juli 2024 dengan memfokuskan pada analisis postingan mufradat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan akun Instagram @taalum.id sebagai media pembelajaran menyajikan konten bervariatif dan menarik, hal ini ditunjukkan dengan berbagai elemen visual maupun audio dalam konten yang mendukung peserta didik dalam pemahaman terhadap materi. Meskipun @taalum.id telah menyajikan konten pembelajaran yang menarik, interaksi di kolom komentar pada beberapa postingan masih rendah. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pemahaman peserta didik akan pentingnya interaksi dalam mendukung pemahaman, atau terbatasnya dorongan dari pihak akun untuk merangsang diskusi yang lebih aktif. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan relevan serta menjadi referensi yang dapat diterapkan oleh para pendidik di Indonesia. Kata Kunci: pembelajaran bahasa arab, instagram, mufradat, konten pembelajaran, media sosial. %Z Nurul Huda, S.S., M.Pd.I