@phdthesis{digilib70102, month = {November}, title = {PENGEMBANGAN VIDEO TIKTOK BIOLOGY NEWS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI POKOK VIRUS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 KASIHAN BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104070016 Noor Fadzilah}, year = {2024}, note = {Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.}, keywords = {media pembelajaran; TikTok; contextual teaching; learning; virus}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70102/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul, 2) mengetahui kualitas produk video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul, 3) mengetahui respon peserta didik kelas X.8 SMAN 1 Kasihan Bantul terhadap kualitas video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R\&D (Research and Development) dengan model pengembanan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang dibatasi pada tahap implementation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar angket. Produk media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer dan 1 guru biologi. Uji coba terbatas untuk mengetahui respon peserta didik dilakukan pada 28 peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif kualitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dari para ahli dengan persentase ideal 91.1\%. Respon peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) dengan persentase ideal 88.1\%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video TikTok biology news berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi pokok virus layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 Kasihan Bantul.} }