<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM)"^^ . "Masifnya fenomena penyebaran ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan simbol-simbol agama, seperti Aṡar As-Sujūd atau “bekas sujud” dalam Q.S Al-Fatḥ [48] 29, menunjukkan kompleksitas makna yang tidak hanya terbatas pada simbol fisik, tetapi juga mengacu pada kedalaman spiritual dalam praktik ibadah. Dalam konteks media sosial, khususnya Instagram, simbol ini kerap menjadi objek penafsiran yang beragam, sehingga memunculkan pertanyaan mendasar mengenai bagaimana pemaknaan Q.S Al-Fatḥ [48]: 29 dalam al-Qur’an dan menurut pandangan para mufassir. Selain itu, untuk merepresentasikan konten-konten di Instagram penting untuk meneliti pemaknaan denotatif Q.S Al-Fatḥ [48]: 29 yang terdapat di Instagram, serta pemaknaan konotatif dan mitologis Q.S Al-Fatḥ [48]: 29 yang terdapat di instagram.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yang bersifat kepustakaan (library research), yang mengutamakan analisis mendalam terhadap elemen visual dan deskriptif dalam postingan-postingan pada akun di Instagram. Data penelitian ini didukung oleh literatur yang relevan dan dianalisis berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Teori Barthes memungkinkan eksplorasi makna di tiga level: denotasi, konotasi dan mitos, sehingga memberikan pemahaman tentang pembentukan makna Aṡar As-Sujūd yang tersebar di Instagram.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pola semiotika Roland Barthes dalam mengungkap makna Aṡar As-Sujūd memiliki beberapa tahapan dengan berbagai konteks. Pertama, secara denotasi diperoleh gambaran dalam wujud visual dan tekstual term Aṡar As-Sujūd dalam postingan-postingan di Instagram. Kedua, secara konotasi diperoleh makna Aṡar As-Sujūd sebagai sebuah tanda yang berupa (1) tanda yang berwujud pada akhlakul karimah (2) tanda bekas sujud yang bersifat abstrak seperti wajahnya tampak indah, bercahaya dan penuh ketenangan (3) tanda yang akan muncul ketika di akhirat. Ketiga, pada tahap mitos diperoleh makna-makna berikut (i) pemaknaan literal berdampak pada justifikasi terhadap keshalehan seseorang (ii) pemaknaan subjektif terhadap pemahaman medis (iii) anggapan bahwa orang-orang yang memiliki bekas hitam di dahinya merupakan tanda dari golongan khawarij-salaf wahabi (iv) tanda jidat hitam diindikasikan sebagai orang yang memiliki sifat riya."^^ . "2025-01-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 22205032022"^^ . "Aisi Nurmala Sari"^^ . "NIM.: 22205032022 Aisi Nurmala Sari"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Text)"^^ . . . . . "22205032022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Text)"^^ . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70141 \n\nPENAFSIRAN ATAS MAKNA ASAR AS-SUJUD DI MEDIA SOSIAL (TINJAUAN MITOLOGI TERHADAP PENJELASAN Q.S AL-FATH [48]: 29 DI INSTAGRAM)\n\n" . "text/html" . . . "297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir" . .