@phdthesis{digilib70151,
           month = {December},
           title = {KONSEP ITA'AH (KETAATAN) DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Q.S An-Nisa' 59)},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 01410741 Haidar Aflah},
            year = {2005},
            note = {Drs. Rofik, M.Ag},
        keywords = {Taat Kepada Allah; Uli al-amri; PAI},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70151/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep ketaatan yang terkandung dalam Q.S. An-Nisa' 59. Sekaligus relevansinya bagi Pendidikan Agama Islam. 
Data primer dari penelitian ini adalah kitab tafsir al-Manar dan tafsir al? Maraghi. Sedangkan data sekundernya berupa kitab-kitab tafsir lain, buku-buku, catatan dan lain-lain. Metode analisa yang penulis gunakan adalah analisis isi. 
Maka penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep ketaatan dalam Islam secara prinsip ada tiga. Y aitu taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan taat kepada 2) Ketaatan kepada Allah bersifat mutlak, baik malaksanakan perintah atau meninggalkan larangan. Ketaatan kepada Rasul wajib selama dalam urusan ad-din sedangkan yang lain (irsyadat an-nabawiyyah) adalah sunnat. Taat kepada iili al?Amri batas akhirnya adalah selama tidak melanggar perintah atau larangan Allah dan RasulNya. 3) Relevansi ketiga konsep tersebut bagi Pendidikan Agama Islam terlihat dari komponen-koponen yang terdapat di dalamnya, sehingga merupakan ketaatan. Yaitu tujuan, fungsi, pendidik, peserta didik, materi, metode dan evaluasi.}
}