relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70151/ title: KONSEP ITA'AH (KETAATAN) DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Q.S An-Nisa' 59) creator: Haidar Aflah, NIM.: 01410741 subject: 297 Agama Islam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep ketaatan yang terkandung dalam Q.S. An-Nisa' 59. Sekaligus relevansinya bagi Pendidikan Agama Islam. Data primer dari penelitian ini adalah kitab tafsir al-Manar dan tafsir al Maraghi. Sedangkan data sekundernya berupa kitab-kitab tafsir lain, buku-buku, catatan dan lain-lain. Metode analisa yang penulis gunakan adalah analisis isi. Maka penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep ketaatan dalam Islam secara prinsip ada tiga. Y aitu taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan taat kepada 2) Ketaatan kepada Allah bersifat mutlak, baik malaksanakan perintah atau meninggalkan larangan. Ketaatan kepada Rasul wajib selama dalam urusan ad-din sedangkan yang lain (irsyadat an-nabawiyyah) adalah sunnat. Taat kepada iili alAmri batas akhirnya adalah selama tidak melanggar perintah atau larangan Allah dan RasulNya. 3) Relevansi ketiga konsep tersebut bagi Pendidikan Agama Islam terlihat dari komponen-koponen yang terdapat di dalamnya, sehingga merupakan ketaatan. Yaitu tujuan, fungsi, pendidik, peserta didik, materi, metode dan evaluasi. date: 2005-12-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70151/1/01410741_BAB%20I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70151/2/01410741_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf identifier: Haidar Aflah, NIM.: 01410741 (2005) KONSEP ITA'AH (KETAATAN) DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Q.S An-Nisa' 59). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.