%0 Thesis
%9 Skripsi
%A Haidar Aflah, NIM.: 01410741
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2005
%F digilib:70151
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Taat Kepada Allah; Uli al-amri; PAI
%P 131
%T KONSEP ITA'AH (KETAATAN) DALAM ISLAM DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Q.S An-Nisa' 59)
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70151/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsep ketaatan yang terkandung dalam Q.S. An-Nisa' 59. Sekaligus relevansinya bagi Pendidikan Agama Islam.   Data primer dari penelitian ini adalah kitab tafsir al-Manar dan tafsir al­ Maraghi. Sedangkan data sekundernya berupa kitab-kitab tafsir lain, buku-buku, catatan dan lain-lain. Metode analisa yang penulis gunakan adalah analisis isi.   Maka penelitian ini menunjukkan: 1) Konsep ketaatan dalam Islam secara prinsip ada tiga. Y aitu taat kepada Allah, taat kepada Rasul dan taat kepada 2) Ketaatan kepada Allah bersifat mutlak, baik malaksanakan perintah atau meninggalkan larangan. Ketaatan kepada Rasul wajib selama dalam urusan ad-din sedangkan yang lain (irsyadat an-nabawiyyah) adalah sunnat. Taat kepada iili al­Amri batas akhirnya adalah selama tidak melanggar perintah atau larangan Allah dan RasulNya. 3) Relevansi ketiga konsep tersebut bagi Pendidikan Agama Islam terlihat dari komponen-koponen yang terdapat di dalamnya, sehingga merupakan ketaatan. Yaitu tujuan, fungsi, pendidik, peserta didik, materi, metode dan evaluasi.
%Z Drs. Rofik, M.Ag