TY - THES N1 - Setia Rahmawan, M.Pd. ID - digilib70152 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70152/ A1 - Aprilia Fitri Komalasari, NIM.: 21104060007 Y1 - 2024/// N2 - Rendahnya tingkat literasi sains peserta didik di Indonesia, hal itu disebabkan belum banyak soal yang memiliki karateristik literasi sains dan juga masih banyak soal yang hanya menekankan aspek pengetahuan dan matematis saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis piktorial untuk mengukur literasi sains pada materi asam dan basa, dikarenakan penilaian terhadap literasi sains sangat penting untuk mengetahui sejauh mana -tingkat literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi langkah model Tessmer. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi digunakan untuk mengetahui pendapat, penilaian, kritik, saran, komentar, dan koreksi dari validator terkait produk yang sedang dikembangkan dan soal literasi sains merupakan produk dari penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah 5 validator ahli evaluasi dan 36 peserta didik SMA/MA. Hasil penelitian didapatkan uji validitas menggunakan Content Validity Rasio (CVR) dan Content Validity Indeks (CVI) didapatkan CVR dengan rata-rata 0,92 dan CVI 0,91, pada uji reliabilitas menggunakan model rasch didapatkan nilai person reliability 0,81 dan nilai item reliability 0,86. Kesimpulan dari penelitian ini produk soal literasi sains berbasis piktorial yang layak untuk mengukur tingkat literasi peserta didik. Kata kunci: literasi sains, PISA, soal, asam-basa, teks piktorial PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - literasi sains KW - PISA KW - soal KW - asam-basa KW - teks piktorial M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERBASIS PIKTORIAL UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA AV - restricted EP - 222 ER -