TY - THES N1 - Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. ID - digilib70169 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70169/ A1 - Fadhila Uzlifati Matsna, NIM.: 21104060023 Y1 - 2024/12/10/ N2 - Kurangnya motivasi peserta didik dalam mempelajari materi ikatan kimia yang bersifat abstrak menjadi kendala dalam pemahaman konsep peserta didik dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) materi ikatan kimia bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikaitkan dengan fenomena sehari-hari dan interaktif. E-LKPD ini dikembangkan melalui tahapan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik, baik dari segi materi maupun media. Persentase keidealan e-LKPD berdasarkan ahli materi sebesar 95.56%, ahli media sebesar 95%, dan reviewer sebesar 93.81% Peserta didik juga memberikan respons positif terhadap e-LKPD dengan persentase sebesar 92.5%. Dengan demikian, e-LKPD ini berpotensi menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan, terutama dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dan strategi penyampaian materi yang inovatif. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Keywords: E-LKPD, Ikatan Kimia, Contextual Teaching and Learning PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-LKPD KW - Ikatan Kimia KW - Contextual Teaching and Learning M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X AV - restricted EP - 154 ER -