eprintid: 70169 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/01/69 datestamp: 2025-02-19 02:54:13 lastmod: 2025-02-19 02:54:13 status_changed: 2025-02-19 02:54:13 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Fadhila Uzlifati Matsna, NIM.: 21104060023 title: PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X ispublished: pub subjects: 540.7 divisions: pr_pendidikan_kimia_s1 full_text_status: restricted keywords: E-LKPD, Ikatan Kimia, Contextual Teaching and Learning note: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D. abstract: Kurangnya motivasi peserta didik dalam mempelajari materi ikatan kimia yang bersifat abstrak menjadi kendala dalam pemahaman konsep peserta didik dan berdampak pada pencapaian hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) materi ikatan kimia bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikaitkan dengan fenomena sehari-hari dan interaktif. E-LKPD ini dikembangkan melalui tahapan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik, baik dari segi materi maupun media. Persentase keidealan e-LKPD berdasarkan ahli materi sebesar 95.56%, ahli media sebesar 95%, dan reviewer sebesar 93.81% Peserta didik juga memberikan respons positif terhadap e-LKPD dengan persentase sebesar 92.5%. Dengan demikian, e-LKPD ini berpotensi menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi ikatan kimia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi dunia pendidikan, terutama dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat dan strategi penyampaian materi yang inovatif. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi dasar pengembangan lebih lanjut untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Keywords: E-LKPD, Ikatan Kimia, Contextual Teaching and Learning date: 2024-12-10 date_type: published pages: 154 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fadhila Uzlifati Matsna, NIM.: 21104060023 (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) YANG BERPOTENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70169/1/21104060023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70169/2/21104060023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf