@mastersthesis{digilib70172, month = {January}, title = {KOMODIFIKASI HADIS SEDEKAH DI INSTAGRAM PADA AKUN @SEDEKAH\_KREATIF}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 22205032086 M. Ilham Fahmi}, year = {2025}, note = {Dr. H. Agung Danarta, M.Ag.}, keywords = {Komodifikasi, Hadis, Sedekah, Media Sosial}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70172/}, abstract = {Hadis yang selama ini diajarkan untuk mengekstraksi sejarah, serta tuntunan dan hukum-hukum dalam syari?at Islam, ternyata pada media sosial media Instagram akun @SedekahKreatif mengalami pergeseran fungsi. Hal ini tampak pada postingan akun tersebut yang dibumbui dengan caption dan tagar yang berkaitan dengan hadis, dimana hadis digunakan oleh akun @SedekahKreatif visual, narasi dan caption yang mengarah pada praktik komodifikasi. Adapun faktor lain yang mempengaruhi promlem akademik tersebut yaitu akun @SedekahKreatif menggunakan hadis sebagai strategi branding, yang mana hadis dibawakan menjadi iklan untuk mendukung aktivitas akun, dengan memfungsikan hadis untuk kepentingan tertentu dengan maksud mendapatkan perhatian masyarakat luas. Maka dari pada itu perlu untuk ditelusuri bagaimana komodifikasi hadis di media sosial Instagram pada akun @SedekahKreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hadis-hadis yang terdapat dalam akun Intagram @SedekahKreatif. Kemudian untuk mengetahui bagaimana penggunaan hadis dalam konten akun Instagram @SedekahKreatif, serta untuk mengetahui bagaimana bentuk komodifikasi hadis pada akun Instagram @SedekahKreatif. Untuk menunjang penyelesaian problem akademik dalam penelitian ini dibutuhkan metode penelitian. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan Teknik studi dokumentasi untuk menganalisis konten visual dan teks hadis yang diunggah oleh akun @SedekahKreatif. Kemudian analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan teori Semiotika Roland Barthes dengan tiga langkah pemaknaan yaitu; Denotatif, Konotatif, dan Mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hadis dalam akun Instagram @SedekahKreatif tidak hanya berfungsi sebagai panduan spiritual, tetapi juga sebagai alat branding dan promosi. Hadis yang digunakan untuk melegitimasi program-program sosial dan menciptakan narasi emosional yang relevan dengan konteks modern. berdasarkan teori komunikasi Semiotika Roland Berthes ditemukan beberapa implikasi dari komodifikasi hadis di sosial media akun Instagram @SedekahKreatif yaitu berupa reduksi makna dan dekontekstualisasi, dimana nilai hadis disederhanakan dan diselaraskan dengan program-program donasi yang ditawarkan oleh akun tersebut.} }