eprintid: 70177 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12241 dir: disk0/00/07/01/77 datestamp: 2025-02-19 03:02:01 lastmod: 2025-02-19 03:02:01 status_changed: 2025-02-19 03:02:01 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: sophanshofwan@gmail.com creators_name: Rizca Daimatul Mahmudah, NIM.: 21104060032 title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KOLOID ispublished: pub subjects: 540.7 divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: Problem Based Learning, Green Chemistry, Motivasi, Berpikir kritis, Koloid note: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc. abstract: Motivasi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mempelajari materi koloid masih tergolong rendah, terutama karena metode pembelajaran yang kurang menarik dan tidak melibatkan peserta didik secara aktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan aspek tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam memecahkan masalah nyata terkait materi koloid dan prinsip-prinsip Green Chemistry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis green chemistry terhadap motivasi dan berpikir kritis pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup pre-test post-test. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA dengan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel. Sampel penelitian terdiri dari 27 peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbasis Green Chemistry dan 33 peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran direct instruction. Instrumen penelitian meliputi angket motivasi belajar dan soal kemampuan berpikir kritis three tier multiple choice. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji Wilcoxon, Mann-Whitney U, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbasis Green Chemistry secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan N-Gain score pada kategori sedang (40%). Namun, peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam kelas eksperimen hanya mencapai kategori rendah (N-Gain 3%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model PBL berbasis Green Chemistry efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, tetapi kurang optimal dalam meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: Problem Based Learning, Green Chemistry, Motivasi, Berpikir kritis, Koloid date: 2024-12-11 date_type: published pages: 175 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rizca Daimatul Mahmudah, NIM.: 21104060032 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70177/1/21104060032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70177/2/21104060032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf