<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik)"^^ . "Al-Qur'an sebagaimana diketahui dan diyakini adalah kitab yang\r\nditurunkan sebagai petunjuk dan pembimbing bagi manusia. Ajarannya begitu\r\nluas dan komprehensif, mencakup urusan yang besar dan hal-hal yang kecil serta\r\nberbicara segala aspek kehidupan. Al-Qur'an bukan saja berisi tentang pelajaran\r\ndan bimbingan mengenai hubungan antara manusia dan Tuhan, melainkan juga\r\nberurusan dengan persoalan hidup manusia itu sendiri secara lebih kompleks,\r\ntermasuk di dalamnya masalah ihsan (perbuatan baik).\r\nIhsan merupakan tiang atau soko guru ketiga bagi agama yang benar (din\r\nal-Haq), setelah iman dan Islam. Yang dinamakan agama yang benar bukan hanya\r\nberupa kepercayaan di dalam hati pada adanya tuhan dan segala sifat-sifatnya\r\n(iman), tetapi kepercayaan itu harus disertai dengan amal perbuatan nyata (Islam),\r\namal perbuatan itu tidak cukup dengan asal berbuat saja, tetapi harus disertai\r\ndengan tulus ikhlas menurut petunjuk Allah (ihsan). Dengan kata lain, agama\r\nyang benar berupa kesatupaduan antara tiga soko gurunya: iman, Islam, dan ihsan.\r\nAda trilogi (tiga asas) dalam totalitas agama Islam, yaitu iman, Islam, dan\r\nihsan. Iman sebagai dasar dari agama, menyangkut kepercayaan terhadap Allah\r\ndan risalah yang dibawa Rasulullah. Tanpa iman, agama seseorang tidak sah.\r\nIslam adalah manifestasi atau pengamalan dari iman, dan ihsan adalah\r\npengamalan iman dengan kesempurnaan jiwa. Orang yang mempercayai enam hal\r\nyang disebut rukun iman, berarti telah beriman. Jika telah beriman dan\r\nmelaksanakan rukun Islam yang lima, berarti telah Islam. Jika telah beriman,\r\nmelaksanakan rukun Islam yang lima ditambah dengan kekhusyukan, ikhlas dan\r\npenuh akhlak mulia, maka telah ihsan. Jadi, ihsan dapat dicapai setelah seseorang\r\nmencapai kesempurnaan iman dan Islam.\r\nRealitas tersebut di atas mendorong penulis untuk lebih dalam mengkaji\r\nkata ihsan dalam al-Qur'an. Peneliti berupaya memfokuskan pada nilai-nilai\r\nnormatif dengan pendekatan semantik. Kata ihsan memiliki implikasi makna yang\r\ncukup luas dan layak untuk dicermati.\r\nIhsan hendaklah dipahami sebagai inspirasi agar manusia sebagai makhluk\r\nyang paling sempurna dan mulia dituntut untuk selalu memikirkan apa yang\r\nterdapat di alam semesta dengan akalnya termasuk yang melekat pada diri mereka\r\nsendiri. Hal itu memang suatu yang mutlak untuk dilakukan demi tetap terjaganya\r\nkeharmonisan kehidupan manusia dan alam semesta dalam gerak yang serasi dan\r\nseimbang."^^ . "2012-02-20" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09213.628"^^ . "Ahmadiy, S.Th.I"^^ . "NIM. 09213.628 Ahmadiy, S.Th.I"^^ . . . . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Text)"^^ . . . . . "BAB I,V.pdf"^^ . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #7019 \n\nKONSEP IHSAN DALAM AL-QURAN (Pendekatan Semantik)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .