TY  - THES
N1  - Dr. M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd.
ID  - digilib70190
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70190/
A1  - Siti Fatma Mubarokah, NIM.: 21104080004
Y1  - 2024/12/04/
N2  - Tujuan Penelitian ini adalah :(1) Mendeskripsikan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Bidang Kesiswaan di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta (2) Menganalisis Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Bidang Kesiswaan di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai sejak bulan Oktober sampai November 2024 dengan subyek kepala sekolah dan guru kesiswaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data pada Penelitian ini peneliti menggunakan 2 macam triangulasi yaitu triangulasi Metode dan triangulasi data atau sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran strategis dalam meningkatkan mutu kesiswaan melalui lima aspek utama, yaitu perencanaan program yang matang, peningkatan kompetensi guru pembina, penyediaan fasilitas yang memadai, kolaborasi dengan pihak eksternal, serta evaluasi dan monitoring berkala. Kepala sekolah berperan sebagai pemimpin, pengarah, dan pengambil keputusan utama dalam setiap tahap kegiatan kesiswaan. Dengan melibatkan guru, staf, dan orang tua siswa, kepala sekolah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, disiplin, dan inklusif. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kesiswaan terbukti efektif, ditandai dengan meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan akademis dan non-akademis, penguatan karakter siswa, serta terciptanya kolaborasi yang baik antara pihak sekolah dan mitra eksternal. Penghargaan yang diberikan kepada siswa juga terbukti mampu meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, dan semangat berkompetisi siswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dapat meningkatkan mutu kesiswaan di SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, baik dari segi akademik, pengembangan karakter, maupun partisipasi siswa.
Kata Kunci: Kegiatan Kesiswaan, Kepala Sekolah, Manajemen Mutu Pendidikan, Peran Kepala Sekolah, Penelitian Kualitatif, SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta, Strategi Kepala Sekolah
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Kegiatan Kesiswaan
KW  -  Kepala Sekolah
KW  -  Manajemen Mutu Pendidikan
KW  -  Peran Kepala Sekolah
KW  -  Penelitian Kualitatif
KW  -  SD Negeri Keputran 1 Yogyakarta
KW  -  Strategi Kepala Sekolah
M1  - skripsi
TI  - PERAN DAN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI BIDANG KESISWAAN (STUDI PADA SD NEGERI KEPUTRAN 1 YOGYAKARTA)
AV  - restricted
EP  - 158
ER  -