%0 Thesis %9 Skripsi %A Dava Muhammad Alif Zuhri, NIM.: 19104020013 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70199 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Metode Penanaman Karakter, Mahfuzat, Santri, Pendidikan Karakter %P 105 %T METODE PENANAMAN KARAKTER MELALUI QUOTES BERBAHASA ARAB (MAHFUZAT) PADA SANTRI KELAS VIII PONDOK PESANTREN TAHFIZUL QURAN SAHABATQU TAHUN AKADEMIK 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70199/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penanaman karakter santri Pondok Pesantren Tahfizul Quran SahabatQu melalui quotes berbahasa Arab, mengetahui hasil dari penanaman quotes berbahasa Arab terhadap peningkatan karakter santri, serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter santri melalui quotes berbahasa arab di Pondok Pesantren Tahfizul Quran SahabatQu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini adalah pengampu ḥalaqah, santri kelas 8, direktur pesantren, pimpinan pesantren, dan penanggungjawab program. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yang berupa: pengumpulan data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa metode Maḥfūẓāt di Pesantren SahabatQu berupa pemilihan kutipan Maḥfūẓāt yang relevan, penjelasan yang mendalam oleh pengampu ḥalaqah, serta penguatan melalui evaluasi berkala dan refleksi diri. memberikan pengaruh positif pada pembentukan karakter santri. Nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kesabaran, kerja keras, keadilan, kepedulian dan empati, kemandirian, integritas, dan kesopanan. Faktor pendukung utama keberhasilan metode ini meliputi peran aktif pengampu ḥalaqah, motivasi santri, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Namun, terdapat kendala dalam penerapannya seperti keterbatasan dalam pemahaman Bahasa Arab dan sumber daya manusia yang memengaruhi optimalisasi proses pembelajaran. %Z Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I.