%0 Thesis %9 Skripsi %A Rudi Astomo, NIM.: 034-30030-T %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:70201 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K mutu pembelajaran; kompetensi; pelajaran matematika %P 96 %T UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENEMUKAN SIFAT DAN MENGHITUNG BESARAN BESARAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISW A KELAS I MTs N SEYEGAN SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70201/ %X Skripsi ini metodenya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual pada bahasan kompetensi dasar (KD) tentang menemukan sifat dan menghitung besaran­besaran segi empat terhadap siswa kelas satu yaitu siswa kelas 1 D di Madrasah Tsana\\'iyah Negeri Seyegan Sleman Yogyakarta. Sebelum menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, siswa dalam proses pembela3arannya atau kegiatan belajar-mengajar menggunakan pendekatan lain, yang sifatnya konvensional. Misalnya guru lebih banyak menerangkan tetapi kurang memberikan latihan penyelidikan dan percobaan membuat soa} dan memecahkankannya yang dikaitkan dengan kehidupan nyata pada lingkungan sekitar. Dalarn metode konvensional guru senng memberikan contoh soal yang abstrak, mendominasi dalam menyelesaikan soal, namun hanya memberikan soal latihan untuk dikerjakan sis\va, kemudian jika siswa sudah ada yang dapat menyelesaikannya selanjutnya menilaikannya kepada guru, demikian seterusnya. Pendekatan proses pembelajaran yang demikian temyata membosankan dan menghasilkan mutu yang kurang memuaskan, nilai yang diperoleh rata-rata 4,60 (data tabel. 1). Setelah penulis mengadakan penelitian dengan melalui proses pen1belajaran menggunakan pendekatan kontekstual temyata mampu memberikan kontribusi pemahanum siswa terhadap prestasi yang meningkat, artinya mutu yang dihasilkan menjadi lebih baik Ini cfapat dilihat dari data yang diperoleh pada hasil-hasil ulangan atau evaluasi berikutnya ada peningkatan. Misal pada data yang penulis lampirkan, hasil ulangan yang pertama siswa memperoleh rata-rata 5,80 (tabel. 2) kemudian pada hasil ulangan berikutnya siswa sudah dapat mencapai nilai rata-rata 6,48 (tabel. 3). Jadi proses pembelajaran dengan melalui pendekatan kontekstual menurut pendapat penulis dapat meningkatkan mutu pembelajaran matematika khususnya pada kompetensi d8-:ar menemukan sifat dan menghitung besaran-besaran segi empat bagi siswa kelas lD MTs Negeri Seyegan Sleman yang penuhs tcliti dengan penelitian tindakan kelas. %Z Drs. H. Sedyo Santosa, SS,M.Pd.