eprintid: 70205 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/02/05 datestamp: 2025-02-19 06:44:17 lastmod: 2025-02-19 06:44:17 status_changed: 2025-02-19 06:44:17 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Siti Fatonah Pujihastuti, NIM.: 03430034-T title: BUBUNGAN KAUSAL ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTs N TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2004/2005 ispublished: pub subjects: 510.7 divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: belajar mengajar; kemampuan siswa; prestasi belajar note: Ders. Edi Prajitno, M.Pd abstract: Tujuan penelitian ini adaJ.ah untuk mengetahui ada tidak:ny.a hubungari kausal antara kemampuan awal aktivitas belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII Mrs N Tinawas Nogosari Boyolali. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apakah ada hubungan timbal balik (kansal} antara kemampuan awal dan aktivitas belajar matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTsN Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2004-2005 dengan melihat rendahnya nilai matematika dan kemampuan awal yang dimiliki siswa serta aktivitas siswa dalam mengikuti proses belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N Tinawas Nogosari .Royolali sebanyak 200 yang terh.agj daJam 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa, yang cliambil secara cluster random sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan dokumenta.-,i dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1). Adanya hubungan kausal yang signifikan antara k.emampuan awal dengan prestasi belajar m.atematika siswa kelas VII Mrs N Tinawas Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2004/2005 dengan koefisien korelasi (r1) sebesar 0,4219 koefisien determinasi sebesar 0,177. 2). Adanya hubungan kausal yang signifikan .antara aktjvitas belajar matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTs N Tinawas Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2004/2005, dengan koefisien 0,413 korelasi ( r2) sebesar 0,643 dan koefisien determinasi sebesar 0,413. 3). Adanya hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dan aktivitas belajar matematika dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII MTsN Tinawas Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2004/2005, dengan koefisien korelasi ( r12 ) sebesar 0,786 dan koefisien determinasi ( r2 ) sebesar 0,618. Artinya 16,8% variasi dalam prestasi belajar matematjka ditentukan oleh kemampuan awal dan a.ktivitas belajar matematika. Dengan melihat koefisien determ.inasi diatas dapat dikatakan bahwa masih ada faktor-faktor lain seperti kecerdasan, motivasi belajar, kemampuan penalaran, lingkungan belajar, cara mengajar guru dan sebagainya yang memberikan sumbangan dalam menca.pai prestasi be]ajar matematika. date: 2006-04-19 date_type: published pages: 81 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Siti Fatonah Pujihastuti, NIM.: 03430034-T (2006) BUBUNGAN KAUSAL ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII MTs N TINAWAS NOGOSARI BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70205/1/03430034-T_BAB%20I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70205/2/03430034-T_BAB%20II_BAB%20II_BAB%20IV.pdf