<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini menyoroti permasalahan yang sering ditemui dalam\r\nkurikulum, yang merupakan unsur krusial dalam proses pembelajaran. Meskipun\r\nkurikulum memiliki peran penting dalam menentukan kualitas pembelajaran dan\r\ninstitusi pendidikan, pengembangan kurikulum yang efektif sering menghadapi\r\nberbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses dan\r\nlangkah-langkah dalam pengembangan kurikulum bahasa Arab di Pondok\r\nPesantren Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan\r\ndalam pengembangan kurikulum tersebut, serta penerapan dan hasil bahasa Arab\r\nsiswa setelah penerapan kurikulum.\r\nMetode dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis\r\npenelitian lapangan, adapun data yang dikumpulkan berupa observasi, wawancara\r\ndan dokumentasi kemudian data yang telah dikumpulkan akan dianalisis dengan\r\nmenggunakan model interaktif Miles, hubermen, kondensasi data, penyajian data\r\ndan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini terdiri dari: 1. Pengembangan kurikulum Bahasa Arab\r\ndi Pondok Pesantren Raudhotus Salaam mengadopsi model integrasi yang\r\nmencakup dua sumber utama, yaitu kurikulum merdeka dan kurikulum KMI Dalam\r\nhal ini, kurikulum KMI lebih menekankan pada materi agama yang disampaikan\r\ndalam bahasa Arab dan mengatur kehidupan pesantren. sementara kurikulum\r\nMerdeka lebih fokus pada materi umum terkait bahasa Arab. Proses pengembangan\r\nkurikulum bahasa Arab di Pondok Pesantren Raudhotus Salaam Yogyakarta yaitu.\r\npenetapan tujuan, perencanaan pembelajaran, pemilihan materi, pengalaman siswa,\r\npelatihan guru, dan evaluasi kurikulum dan panca jiwa peantren modern\r\n( keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah). Kurikulum ini\r\ndirancang untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan Industri 4.0 dengan\r\nmengintegrasikan ilmu umum dan agama, sambil menjaga kekuatan pengajaran\r\nbahasa Arab. 2. Hambatan utama, a). Jadwal belajar yang padat. b). Kurangnya\r\nsarana dan prasarana. c). Pengintegrasian tiga kurikulum: Penggabungan kurikulum\r\nmerdeka, KMI, dan tahfidz menyebabkan kebingungan dan ketidaksesuaian. d).\r\nKurangnya tenaga pendidik. 3. Penerapan kurikulum bahasa Arab di Pondok\r\nPesantren Raudhotus Salaam dilaksanakan secara living kurikulum intensif selama\r\n24 jam. Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa pengantar dalam kehidupan seharihari\r\nmaupun dalam proses pembelajaran di kelas. Pendidikan tidak hanya\r\nberlangsung di dalam kelas, tetapi juga melalui berbagai kegiatan di luar kelas yang\r\nterintegrasi dalam kehidupan sehari-hari. Pondok Pesantren Raudhotus Salaam\r\nberhasil dengan mebuat dua kurikulum kelas bahasa, yaitu sistem insentif dan\r\nsistem reguler yang menunjukan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sangat\r\nbaik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pengajaran yang melibatkan\r\ntahapan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, dan sistim kedisplinan yang ketat,\r\nmendukung pencapaian siswa dalam berbagai aspek.\r\nKata Kunci: Kurikulum, Kurikulum KMI, Bahasa Arab"^^ . "2024-09-27" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 22204022004"^^ . "M. Khafid Jenur"^^ . "NIM.: 22204022004 M. Khafid Jenur"^^ . . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "22204022004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf"^^ . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN\r\nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #70213 \n\nKURIKULUM BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN \nRAUDHOTUS SALAAM YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "492.77 Pendidikan Bahasa Arab" . .