%0 Thesis %9 Skripsi %A Sri Sumiyati, NIM.: 03430035 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2006 %F digilib:70219 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K PTK; LKS; prestasi belajar; KBM %P 118 %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMBERIAN TUGAS SEBELUM MATERI DIAJARKAN BAGI SISWA KELAS VII B MTsN WONOKROMO T AHUN 2004/2005 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70219/ %X Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 101 dilaksanakan dalam rangka mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemberian tugas di MTsN Wonokromo yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada pembelajaran matematika di kelas VII B MTsN Wonokromo Semester II tahun pelajaran 2004/2005, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar matematika. Untuk mewujudkan upaya itu pcneliti sekaligus sebagai guru beserta dengan teman sejawat melaksanakan PTK. Penelitian diawali dengan penyusunan rencana tindakan yang dilakukan bersama berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman sebelum tindakan. Pada PTK ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Siklus 1 membahas pokok bahasan / Persegipanjang dan Persegi, sedangkan siklus 2 membahas pokok bahasan Jajargenjang dan Belahketupat. Pada siklus 1 menerapkan metode pembelajaran pemberian tugas secara mandiri, dengan cara pemberian tugas di rumah, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan LKS sebelum materi disampaikan oleh guru. Siklus 2 menerapkan metode pembelajaran pemberian tugas secara kelompok dengan menggunakan tutor sebaya sebagai sumber belajar. Kedua tindakan yang diberikan tersebut telah memberikan hasil yang cukup dalam rangka mengembangkan metode pembelajaran menggunakan pendekatan pemberian tugas sebelum materi diajarkan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. %Z Drs. Edi Prajitno, M.Pd