%0 Thesis %9 Skripsi %A Indria Arifiani, NIM.: 21104060056 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2025 %F digilib:70240 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Powtoon, Video Animasi, Asam Basa, STEM, Minat Belajar Peserta Didi %P 181 %T PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON PADA MATERI ASAM BASA BERMUATAN STEM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70240/ %X Konsep kimia yang kompleks dan disampaikan secara monoton sering membuat peserta didik cepat bosan dan kesulitan memahami materi. Kemajuan teknologi di era digital menawarkan media baru berupa video animasi agar penyajian materi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi Powtoon pada materi asam basa melalui bermuatan STEM. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dibatasi hanya sampai tahap Development. Video animasi yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon peserta didik. Hasil penilaian kualitas video animasi oleh ahli materi memperoleh persentase keidealan sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, ahli media 95% dengan kriteria sangat baik, dan reviewer 94% dengan kriteria sangat baik. Peserta didik SMA memberikan respon positif dengan persentase 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif materi asam basa untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. %Z Setia Rahmawan, M.Pd