eprintid: 70243 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/02/43 datestamp: 2025-02-20 07:09:04 lastmod: 2025-02-20 07:09:04 status_changed: 2025-02-20 07:09:04 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Arina Zulfiah Hariri, NIM.: 99454539 title: PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR ispublished: pub subjects: 530.7 divisions: pr_pendidikan_fisika_s1 full_text_status: restricted keywords: konsep kalor; linieritas Regresi; Chi-kuadrat note: Dra. Murtono, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan rnetode diskusi dan pernecahan numerik terhadap penguasaan konsep kalor atas siswa kelas II di MTs Ali Maksurn Krapyak Y ogyakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang duduk di kelas II MTs Ali Maksurn Krapyak pada tahun ajaran 2003/2004 dengan sampel 59 siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tiga instrumen yaitu instrumen angket untuk penerapan rnetode diskusi, sebanyak 30 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,893. lnstrumen tes untuk soal pemecahan kesulitan numerik sebanyak 30 butir soal valid dengan reliabilitas 0,907 dan instrumen soal tes untuk prestasi belajar sebanyak 33 butir soal valid dengan reliabilitas 0,889. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penerapan rnetode diskusi terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi 0,585 dan persamaan regresi diperoleh Y= 0,271X 1 + 0,828. (2) Ada pengamh pemecahan kesulitan numerik terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi sebesar 0,654 dan persaman regresi diperoleh Y= 0,649X 2 +2,918. (3) Ada pengaruh penerapan rnetode diskusi dan pemecahan kesuhtan numerik terhadap penguasaan konsep kalor dengan koefisien korelasi 0,718 dan persamaan regresi Y = 0,158X 1 + 0,477X2 - 2,271. (4) Besamya kontribusi/sumbangan relatif dari variable X 1 = 38,911 % dan X 2 = 61,089%, sedangkan sumbangan efektif dari variable X1 = 20,034% dan X 2 =31,452%. date: 2004-10-30 date_type: published pages: 97 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Arina Zulfiah Hariri, NIM.: 99454539 (2004) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI DAN PEMECAHAN KESULITAN NUMERIK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70243/1/99454539_BAB%20I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70243/2/99454539_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV.pdf