eprintid: 70247 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/07/02/47 datestamp: 2025-02-20 08:04:06 lastmod: 2025-02-20 08:04:06 status_changed: 2025-02-20 08:04:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Miss Nawal Keda, NIM.: 01470726 title: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH) ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: manajemen pendidikan; kepala sekolah; belajar mengajar note: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan Islam pada Sekolah Pattana Islam Vittaya Mulnithi di Yala Thailand Selatan (Tingkatan Ibtidaiyah) yang meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pendidikan islam pada sekolah Pattana Islam Vittaya Mulnithi di Yala Thailand Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi naturalistik. Subyek penelitian ditentukan secara purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pada manajemen pendidikan islam di Yala Thailand Selatan sebagian telah dilakukan dan sebagian belum dilakukan. Perencanaan yang telah dilakukan adalah perumusan tujuan manajemen pendidikan. Adapun perencanaan yang belum dilakukan adalah perumusan silabi dan pembuatan satuan pembelajaran. Pengorganisasian belum dilakuakan dengan optimal, karena masih ada sebagian guru yang mengajar tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dalam pelaksanaan, guru dan siswa memiliki kedisiplinan waktu yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya, namun kegiatan mengajar dikelas belum dilakukan .secara optimal. Pengawasan sudah dilakukan oleh kepala sekolah namun juga belum terfokus dan belum optimal. Faktor pendukung meliputi kedisiplinan tenaga didik dan siswa yang cukup tinggi, guru mengajar dengan ikhlas, dan ruang belajar yang memadai, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya kesadaran guru dalam memanfaatkan sarana atau media pendidikan serta masih dominannya penggunaan metode konvensional (ceramah), kurangnya sarana pendidikan, padatnya waktu belajar sebagian siswa, dan kurangnya biaya dalam menjalankan manajemen pendidikan islam. Kata kunci: Metode Diskusi, Kesulitan Numerik, Penguasaan Konsep Kalor. date: 2005-06-22 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Miss Nawal Keda, NIM.: 01470726 (2005) MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH PATTANA ISLAM VITTAYA MULNITHI DI YALA THAILAND SELATAN (TINGKATAN IBTIDAIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70247/1/01470726_Bab%20I_Bab%20IV_Daftar%20Pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70247/2/01470726_Bab%20II_Bab%20III.pdf