@phdthesis{digilib70252, month = {December}, title = {EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS VII MTsN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 01450626 Siti Ulfah}, year = {2005}, note = {Drs. Suhardi, M.Pd}, keywords = {pembelajaran pengamatan; partisipasi siwa; uji homogenitas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70252/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetabui efektif tidaknya pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar baik biotik maupun abiotik sebagai media belaiar melalui pengamatan dan diskusi kelompok, (2) mengetabui peningkatan aktifitas dan partisipasi siswa saat pembelajaran berlangsung dan (3) mengetahui tanggapan siswa terbadap pembelajaran dengan pengamatan. Populasi yang menjadi generalisasi dalam penelitian ini adalab seluruh siswa kelas VII MTsN Susukan kabupaten Semarang tahun ajaran 2005/2006. Sedangkan sampel yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII G sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan Nonprobability Sampling lebih tepatnya Sampling Purposive. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi dan angket. Instrumen divalidasi dan di uji reliabilitas untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan instrumen soal pre-test/ post-test. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskripsi dan uji-t. Uji prasyarat menggunakan, (1) uji normalitas diperoleh basil babwa data berdistribusi normal, ( 2 ) uji homogenitas diperoleh hasil bahwa sampel homogen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar baik biotik maupun abiotik sebagai media belajar melalui pengamatan dan diskusi kelompok lebih efektif dari pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII Mf sN Susukan kabupaten Semarang tahun ajaran 2005/2006, ditunjukkan dengan basil uji-t yang diperoleh thit sebesar 2,287 {\ensuremath{>}} 1,671 dan p = 0,024 ( p {\ensuremath{<}} 0.050), (2) Peningkatan aktifitas dan partisipasi siswa saat proses pembelajaran. antara lain melatih kerja ilmiah (melakukan pengamatan, mencatat data dan menganalisis data), kerja kelompok, diskusi dan berkomunikasi, kerjasama dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas, (3) Siswa kelas VII B MTsN Susukan kabupaten Semarang tahun ajaran 2005/2006 memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan pengamatan lingkungan sekitar sebesar 60,37\%.} }